Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Membersihkan Throttle Body, Cek Tiap 10 Ribu KM

Otomotif R4 - Jumat, 5 Mei 2017 | 20:13 WIB

Jakarta - Throttle body jadi salah satu piranti yang wajib dicek, terutama kebersihannya. Hal ini dikarenakan kotornya throttle body bisa menyebabkan putaran mesin jadi pincang. Ini juga berimbas pada konsumsi bahan bakar, sebab pengemudi otomatis harus menginjak pedal gas lebih dalam dan membuat mesin menjadi bekerja lebih ekstra.

“Perawatannya sebenarnya mudah, cukup dibersihkan saja. Terutama pada katup, idle speed dan sensornya. Kecuali jika ada kerusakan, baru harus diganti,” kata Septianto, Kepala Bengkel dari Toyota Kebayoran Lama, Jaksel.

Kapan sebaiknya membersihkan throttle body? Jangan terlalu sering juga, sebab justru bisa mengikis komponen yang ada di dalamnya. “Sebaiknya disesuaikan dengan jadwal penggantian oli mesin, yakni tiap 10 ribu km,” sambung Septianto.

Sumber kotoran biasanya berasal dari udara yang terhisap ke ruang bakar. Bisa dari kotornya udara di sepanjang perjalanan atau lalu lintas, juga dari filter udara yang jarang dibersihkan.

Nah, untuk membersihkannya pun bisa dilakukan sendiri, yaitu dengan menggunakan injector cleaner beragam merek yang dijual dengan harga Rp 75 ribu sampai dengan Rp 100 ribu di pasaran. Contohnya merek Zone, Primo Turbo Carb, G-Zox, dan STP.

Nih OTOMOTIF kasih urutan dalam membersihkan throttle body. Selamat mencoba yah! * DAB/otomotignet.com

 

Editor : Otomotif R4

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa