Bore Up Vespa Sprint 150 3V ie Tenaga Naik 3 Kali Lipat, Yuk Bongkar Jeroannya!

Minggu, 14 Mei 2017 | 16:25 WIB

Jakarta - Dibukanya kelas 40++ di Indonesia Scooter Championship seri 1, membuat pembalap berumur diatas 40 tahun langsung berlomba-lomba bikin motor sekencang mungkin.  Salah satunya Doddy.G yang sukses finish ke 4 dari posisi start 17. Wah, kalau start di barisan depan bisa podium nih!

 “Pas Kualifikasi motor sempat trouble, makanya start jadi jelek. Setelah diseting ulang, saya bisa lewatin satu persatu lawan hingga masuk posisi 4,” bangga Doddy yang menyerahkan penggarapan motornya di Gurkha Motorworks (GM) di Jl. Antasari, Jaksel.

Seperti apa ubahan motor yang berhasil menyemburkan tenaga 27,2 dk dan torsi 27,3 ini?

Yuk kita bongkar.  Sigit/otomotifnet.com

Bore Up Malossi
Untuk dongkrak kapasitas mesin, blok set Malossi dengan diameter piston 75,5 mm dipasang. Kapasitas ruang bakar melonjak jadi 277,4 CC dengan rasio kompresi 12,5:1.

Silinder Head
Kepala silinder ganti pakai copotan Gilera, sudah 4 klep dan tetap kena porting. Klep in 25 mm dan ex 22 mm diatur buka tutupnya oleh noken as Malossi Power Cam yang khusus untuk mesin bore up di atas 200 cc.

Custom Bearing Kruk As
Normalnya Vespa Sprint 3V ie dudukan kruk asnya pakai metal duduk, tapi kru GM lakukan custom pakai bearing. “Biar putaran mesin jadi makin cepat kita mengakali pakai bearing.

Bikin dudukan baru lewat proses CNC agar presisi, kalau miring dikit bisa fatal akibatnya,” jelas Doddy yang mengawali karir balapnya di ajang reli tahun 90-an dengan mobil Subaru ini.

ECU aRacer RC Super
Agar makin sempurna, ECU ganti pakai aRacer RC Super, “Pengapian dibuat lebih maju, air fuel ratio diset 12,6:1,” jelas Freddy A. Gautama dari Ultraspeed Racing (USR) yang lakukan penyetingan ECU.

Magnet ternyata diganti yang lebih ringan “Paka Piaggio Zip, lebih ringan jadi enggak perlu bubut lagi,” ungkap Mandra Sugiharto mekanik andalan GM.

Editor : Dimas Pradopo
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA