Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Atasi Rack Steer Toyota Corolla Altis Bunyi, Cukup Setel Damper

Otomotif R4 - Jumat, 5 Mei 2017 | 20:11 WIB

Jakarta - Bagi para pengguna Toyota Corolla Altis produksi tahun 2008 sampai 2013. Banyak dijumpai keluhan berupa bunyi halus di sektor kaki-kaki bagian depan. Suara halus tersebut mengganggu karena suara bisa terdengar sampai ke kabin.
 
Ternyata, biasanya keluhan tersebut diakibatkan oleh steel damper yang bergeser dan mengalami keausan. “Solusinya harus bongkar pasang rack steer dan menyetel ulang posisi steel damper-nya,” ujar Radityo, Humas dari Altis Indonesia Community (Altic).

Untungnya, untuk mengetahui apakah steel damper bergeser atau tidak, bisa melakukan pengecekan mandiri di rumah. Caranya, dengan menggantung roda depan kanan dan kiri, kemudian menggoyangkan ke arah kanan, kiri, atas dan bawah. 

Apabila tidak ada goyangan yang signifikan pada roda, tetapi masih terdapat bunyi, bisa dipastikan rack steer mengalami masalah. Bagi pengguna Altis yang mempunyai masalah tersebut dan ingin mencari solusinya, Altic menyarankan untuk mengunjungi bengkel Autospeed milik Boy, yang terletak di Jl. Johar Raya No.11 B, Tanah Sareal, Bogor. 

Bengkel tersebut sudah menjadi rekanan komunitas Altis Indonesia Community. Walau bengkel ini bukan hanya khusus member Altic, melainkan bisa untuk umum. Untuk penyetelan rack steer, biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 350 ribu dan lama pengerjaan tidak sampai satu hari. Berikut cara pembongkaran dan penyetelan rack steer pada Corolla Altis. 

1.    Pertama, dongkrak bagian depan kanan dan kiri, kemudian copot bannya 
2.    Buka tie rod bagian kanan dan kiri menggunakan kunci ring 14 mm
3.    Buka juga link stabilizer bagian kanan dan kiri menggunakan kunci ring 12 mm 
4.    Engine mounting bagian belakang juga ikut dibongkar. Karena letaknya yang cukup dalam, gunakan kunci sok yang dapat disambung agar menjangkau bagian engine mounting, ukuran kunci yang digunakan 14 mm dan 17 mm 
5.    Setelah menjangkau rack steer-nya, perhatikan kekencangan bautnya. Jika terlalu longgar, kencangkan dengan menggunakan kunci 14 mm dengan menggerakkan ke kanan dan ke kiri 
6.    Namun jika saat digerakkan ke kiri dan kanan terdengar bunyi klek, maka bagian damper-nya sudah aus, disarankan untuk menggantinya 
7.    Setelah selesai, pasang kembali komponen kaki-kaki dengan proses sebaliknya  

Selain itu, khusus rack steer yang sudah menggunakan sistem power steering dengan motor elektris (EPS), jika pergerakan gigi sudah aus akan mengakibatkan pembacaan sensor gerak menjadi ngawur. 

Jika didiamkan, lama kelamaan akan merembet ke peranti lain seperti sensor EPS-nya. Indikasi awal biasanya setir jadi ‘loss’ atau dapat berputar, tetapi berat karena tidak mampu meng-assist pergerakan setir.

Pria asli Yogyakarta ini membanderol jasa rekondisi segelondong sistem kemudi sebesar Rp 1,5 juta. Harga yang dipatok sudah termasuk biaya bongkar pasang dan garansi selama setahun. * Tom /otomotifnet.com

Editor : Otomotif R4

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa