Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aplikasi Radius Fender Sobek, Bikin Makin ’Melata’

Otomotif R4 - Jumat, 5 Mei 2017 | 20:08 WIB

Upaya agar pelek tidak terlihat amblas masuk dalam fender

Jakarta - Sebenarnya di Jepang, tren radius fender sudah booming sekitar tahun 2010-an. Kalau itu, aliran stance sedang happening banget. Di Indonesia juga sudah mulai banyak yang melakukan opsi ini. Lalu apa sih radius fender? 

Radius fender adalah memotong lekukan fender, dengan tujuan agar diameter fender menjadi lebih besar, sehingga terdapat ruang yang lebih lega untuk mengakomodasi ukuran pelek berdiameter besar. Ini juga menyebabkan jarak main suspensi juga lebih optimal.
 
Fitment Kaki Duluan 

“Kalau beberapa tahun lalu, banyak orang berlomba bikin body kit ‘gondrong’ agar kesan melata alias nempel ke aspalnya begitu terlihat, kini ceper lebih aman karena ada opsi radius fender,” jelas Riefky Bhaskoro, salah satu pecinta gaya stance.
  
Iwan, bos bengkel modifikasi Akasia di daerah Kapin, Bekasi kasih panduan, kalau radius fender biasa dilakukan setelah seting pelek alias fitment selesai dilakukan.  “Maksudnya, kalau setingan suspensi sudah dapat, pelek yang diinginkan sudah dipasang, sudut camber sudah diset. Baru kelihatan seberapa banyak fender yang akan dipotong,” jelasnya. 

Setelah fitment kaki-kaki sudah dilakukan, barulah radius fender ini dilakukan. Caranya dengan memotong atau menggunting bagian lingkar fender, sehingga lekukan fender lebih naik dan diameternya semakin besar. 
 
Iwan menambahkan, radius fender dilakukan untuk memaksimalkan juga mengoptimalkan kerja suspensi udara. “Kalau sudah radius fender, tekanan udara air sus bisa disetel lebih rendah, sehingga kenyamanan yang didapat lebih baik,” bilang pemegang merek suspensi udara Airgen ini. 

Selain itu dengan opsi ini, tak perlu lagi menyetel tekanan udara terlalu tinggi untuk keleluasaan radius putar setir. Biasanya, mobil-mobil yang melakukan radius fender adalah sedan bergaya VIP, baik Jepang maupun Eropa seperti Toyota Crown, Mercedes-Benz E-Class. 

Namun begitu tidak menutup kemungkinan, mobil tipe hatchback ataupun minibus melakukan hal ini, demi menggunakan pelek dengan diameter besar, 20 inci ke atas. Untuk proses radius fender seperti ini, biaya yang dikeluarkan bernilai di kisaran Rp 2-2,5 juta per panel atau sekitar Rp 8-10 juta untuk 4 fender. * Rendy/otomotifnet.com

Editor : Otomotif R4

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa