Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bisa Pasang Pelek 12 Inci ke Honda Scoopy Lama, Tapi Perhatikan Syaratnya!

Rabu, 17 Mei 2017 | 11:43 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Salah satu daya tarik utama All New Honda Scoopy adalah penggunaan pelek 12 inci. Dengan ukuran diameter lebih kecil namun tapaknya lebar, tampilannya berkesan lebih imut dan fashionable. Bisakah Scoopy lama adopsi pelek versi baru?

“Bisa saja namun harus ada beberapa penyesuaian,” terang Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor. Penyesuaian itu tentu berkaitan dengan ukuran ban baru yang lebih lebar. 

Mari kita simak ukurannya. Untuk Scoopy lama pakai ban 80/90-14 dan 90/90-14, terpasang pada pelek dengan lebar 1.85x14 dan 2.15x14. Jika ban terpasang dan diukur, lebar bannya 78 mm untuk depan dan yang belakang 89 mm. 

Bandingkan dengan All New Scoopy yang pakai ban 100/90-12 dan 110/90-12, terpasang di pelek 2.15x12 dan 2.50x12. Lebar bannya saat terpasang di pelek 97 mm dan 110 mm.  

Nah dari data di atas, maka ketahuan mengapa harus ada penyesuaian. “Jika tidak disesuaikan, ban akan bergesekan dengan suspensi,” terang Endro. 

( BACA JUGA : Alarm All New Honda Scoopy dan PCX150 Ternyata Sama, Ini Cara Mengoperasikannya )
( BACA JUGA : Nih Cara Setel dan Tambah Remote Alarm All New Honda Scoopy, Mudah Banget! )

No caption
No credit
No caption
Segitiga Scoopy lama ini wajib ganti, agar ban tidak bergesekan dengan sokbreker

Pelek Depan
Untuk kaki depan, agar pelek 12 inci masuk yang harus diganti adalah segitiganya, punya All New Scoopy tentu lebih lebar. Versi baru ini jarak antara sisi luar as sokbreker mencapai 19 cm, sedang Scoopy lama hanya 17 cm. Ada beda 2 cm! Selanjutnya as roda juga mesti pakai versi yang baru.

Setelah pelek baru terpasang, jangan berharap spidometer bisa aktif kembali, karena All New Scoopy pakai spidometer yang sensornya tertanam di girboks roda belakang, bukan pakai kabel mekanis di roda depan lagi. Jadi kabel spidometer tak bisa dipasang.

No caption
No credit
No caption
Kabel spidometer tak bisa terpasang di pelek All New Scoopy
No caption
No credit
No caption
Nih lebar sokbreker All New Scoopy, 19 cm sedang Scoopy lama hanya 17 cm

Pelek Belakang

Untuk pemasangan pelek belakang, penyesuaiannya mesti ganti sokbreker. “Jika tidak maka ban akan sangat mepet dengan per,” wanti Endro yang berkantor di Astra Honda Training Center di Sunter, Jakut. 

Hal ini karena diameter sokbreker belakang punya All New Scoopy ternyata lebih kecil, hanya 53,2 mm, sedang versi lama mencapai 58,8 mm. Dengan diameter lebih kecil maka jarak dengan ban jadi lebih jauh. Diameter ulirnya juga beda, 8,2 mm yang lama dan yang baru hanya 7,8 mm. 

Panjang sokbrekernya juga beda. All New Scoopy 345 mm, sedang Scoopy lama hanya 330 mm. Maka wajar kendati diameter roda lebih kecil, ground clearance justru lebih tinggi.  Untuk as roda kedua Scoopy sama, sehingga pemasangan tak butuh ubahan, termasuk panjang bautnya.

No caption
No credit
No caption
Sokbreker belakang mesti diganti, pakai yang pernya berdiameter lebih kecil

Diameter dan Bobot
Berapa sih diameter luar ban All New Scoopy jika dibanding Scoopy lama? Ternyata bedanya cukup signifikan. Untuk Scoopy lama ban depan mencapai 504 mm, sedang belakang 523 mm. Bandingkan punya All New Scoopy, depan 483 mm dan belakang 501 mm. 

Bagaimana dengan bobotnya? Pelek berikut ban All New Scoopy yang depan 4,9 kg dan belakang 7,23 kg. Sementara Scoopy lama yang depan 5,76 kg dan belakang 6,55 kg. 

Bandingkan punya All New Scoopy, depan 483 mm dan belakang 501 mm.

 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa