Bisa Pasang Pelek 12 Inci ke Honda Scoopy Lama, Tapi Perhatikan Syaratnya!

Rabu, 17 Mei 2017 | 11:43 WIB

Jakarta - Salah satu daya tarik utama All New Honda Scoopy adalah penggunaan pelek 12 inci. Dengan ukuran diameter lebih kecil namun tapaknya lebar, tampilannya berkesan lebih imut dan fashionable. Bisakah Scoopy lama adopsi pelek versi baru?

“Bisa saja namun harus ada beberapa penyesuaian,” terang Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor. Penyesuaian itu tentu berkaitan dengan ukuran ban baru yang lebih lebar. 

Mari kita simak ukurannya. Untuk Scoopy lama pakai ban 80/90-14 dan 90/90-14, terpasang pada pelek dengan lebar 1.85x14 dan 2.15x14. Jika ban terpasang dan diukur, lebar bannya 78 mm untuk depan dan yang belakang 89 mm. 

Bandingkan dengan All New Scoopy yang pakai ban 100/90-12 dan 110/90-12, terpasang di pelek 2.15x12 dan 2.50x12. Lebar bannya saat terpasang di pelek 97 mm dan 110 mm.  

Nah dari data di atas, maka ketahuan mengapa harus ada penyesuaian. “Jika tidak disesuaikan, ban akan bergesekan dengan suspensi,” terang Endro. 

( BACA JUGA : Alarm All New Honda Scoopy dan PCX150 Ternyata Sama, Ini Cara Mengoperasikannya )
( BACA JUGA : Nih Cara Setel dan Tambah Remote Alarm All New Honda Scoopy, Mudah Banget! )

Segitiga Scoopy lama ini wajib ganti, agar ban tidak bergesekan dengan sokbreker

Pelek Depan
Untuk kaki depan, agar pelek 12 inci masuk yang harus diganti adalah segitiganya, punya All New Scoopy tentu lebih lebar. Versi baru ini jarak antara sisi luar as sokbreker mencapai 19 cm, sedang Scoopy lama hanya 17 cm. Ada beda 2 cm! Selanjutnya as roda juga mesti pakai versi yang baru.

Setelah pelek baru terpasang, jangan berharap spidometer bisa aktif kembali, karena All New Scoopy pakai spidometer yang sensornya tertanam di girboks roda belakang, bukan pakai kabel mekanis di roda depan lagi. Jadi kabel spidometer tak bisa dipasang.

Kabel spidometer tak bisa terpasang di pelek All New Scoopy
Nih lebar sokbreker All New Scoopy, 19 cm sedang Scoopy lama hanya 17 cm

Pelek Belakang

Untuk pemasangan pelek belakang, penyesuaiannya mesti ganti sokbreker. “Jika tidak maka ban akan sangat mepet dengan per,” wanti Endro yang berkantor di Astra Honda Training Center di Sunter, Jakut. 

Hal ini karena diameter sokbreker belakang punya All New Scoopy ternyata lebih kecil, hanya 53,2 mm, sedang versi lama mencapai 58,8 mm. Dengan diameter lebih kecil maka jarak dengan ban jadi lebih jauh. Diameter ulirnya juga beda, 8,2 mm yang lama dan yang baru hanya 7,8 mm. 

Panjang sokbrekernya juga beda. All New Scoopy 345 mm, sedang Scoopy lama hanya 330 mm. Maka wajar kendati diameter roda lebih kecil, ground clearance justru lebih tinggi.  Untuk as roda kedua Scoopy sama, sehingga pemasangan tak butuh ubahan, termasuk panjang bautnya.

Sokbreker belakang mesti diganti, pakai yang pernya berdiameter lebih kecil

Diameter dan Bobot
Berapa sih diameter luar ban All New Scoopy jika dibanding Scoopy lama? Ternyata bedanya cukup signifikan. Untuk Scoopy lama ban depan mencapai 504 mm, sedang belakang 523 mm. Bandingkan punya All New Scoopy, depan 483 mm dan belakang 501 mm. 

Bagaimana dengan bobotnya? Pelek berikut ban All New Scoopy yang depan 4,9 kg dan belakang 7,23 kg. Sementara Scoopy lama yang depan 5,76 kg dan belakang 6,55 kg. 

Bandingkan punya All New Scoopy, depan 483 mm dan belakang 501 mm.

 

Editor : Dimas Pradopo
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA