Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Setel Lampu All New Honda Scoopy Modalnya Hanya Obeng Plus!

Kamis, 18 Mei 2017 | 10:44 WIB

Jakarta - Salah satu daya tarik utama All New Honda Scoopy adalah lampu utama yang desainnya imut sesuai bentuk bodi, dan asyiknya sudah LED dan ada DRL (daytime running light) sehingga berkesan mewah (gbr.1). Cakep kan?

Bagaimana dengan pancaran sinarnya? Tentu saja putih terang. Menurut data spesifikasi, untuk lampu dekat, yang bentuknya seperti kaca mata (gbr.2) di sisi atas pakai daya 2,67 W x 2, sedang lampu jauh yang di bawahnya pakai daya 2,67 W x 3. 

Apakah arah lampunya sudah nyaman pas menyinari jalan? Bisa jadi setelan pabrik belum cocok, misal jika yang naik punya bobot badan berlebih, sehingga saat dinaiki sisi belakang amblas jadi sorotnya terlalu naik. 

Atau bisa juga lantaran suspensi depan dimodifikasi jadi ceper, sehingga sorotnya terlalu menunduk. Bagaimana sih cara setelnya?

“Gampang banget, cukup disetel pakai obeng plus,” terang Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor. Setelannya tentu ada di sisi bawah lampu, untuk melihatnya mesti mengintip lewat kolong atas sepatbor.

“Ada coakan dan terlihat gerigi (gbr.3), nah itu yang dicolok pakai obeng plus untuk menyetelnya (gbr.4),” lanjut Endro. 

Jika sorot lampu terlalu naik, untuk menurunkan maka putar obeng ke kanan searah jarum jam. Sebaliknya untuk menaikkan putar obeng ke kiri atau berlawanan arah jarum jam.  Agar terlihat perubahannya, maka sebaiknya sorot lampu diarahkan ke tembok dengan jarak sekitar 2 meter. 

Lampu utama All New Scoopy ini modelnya assy atau jadi satu kesatuan (gbr.5). Terpasang ke bodi dengan bantuan plat di sisi kiri kanannya dan ada engsel, makanya bisa disetel naik turun.

Oiya penyetelannya ternyata lebih mudah di Scoopy eSP sebelumnya, yang bisa dicolok obeng langsung dari depan, tanpa perlu ngolong.   (Aant / Otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa