Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All New Yamaha R15 Pakai Assist & Slipper Clutch, Ini Keuntungannya

Dimas Pradopo - Selasa, 30 Mei 2017 | 08:56 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Kenikmatan mengendarai All New Yamaha R15 di sirkuit dan di jalan makin terasa dengan adanya assist & slipper clutch. Apa saja keunggulannya?

Menurut GM Aftersales & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M. Abidin, keuntungan pertama handel jadi lebih ringan 20%, “Sehingga tangan tidak mudah lelah ketika di kemacetan,” terangnya. 

Pantas saja saat handel kopling diremas memang ringan banget, seakan pakai per yang lembek atau lemas tapi tetap responsif. Maka benar jika tangan lebih rileks namun akselerasi tak terganggu.

Assist & Slipper Clutch

Keuntungan kedua adalah ketika engine brake. Saat akan masuk tikungan, maka rider akan menurunkan gigi sehingga timbul engine brake, jika tanpa slipper clutch maka roda belakang mudah skid atau mengunci.

Dengan adanya slipper clutch maka efek tadi tereduksi seakan kita menarik kopling. Efeknya tentu saja laju motor lebih mudah dikontrol. Efek ini juga sangat berguna saat hujan, roda belakang enggak gampang ngunci.

“Masuk tikungan jadi lebih ngeloyor, jadi lebih cepat tanpa perlu takut roda belakang slide,” beber Rey Ratukore, pembalap Yamaha Indonesia ketika mencoba All New R15 bareng OTOMOTIF. 

Efek jangka panjangnya lainnya, karena engine brake lebih halus, maka usia rantai, gir hingga ban jadi lebih panjang, karena entakan berkurang.

Wah, mantab ya! (Aant / Otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa