Toyota Great Corolla vs Toyota Absolute Corona: Modifikasi USDM vs EUDM, Tapi Interior Sama-sama JDM

Minggu, 16 Juli 2017 | 13:42 WIB

Jakarta - Kedua sedan buatan Toyota ini cukup terkenal di jagad modifikasi Indonesia. Pasalnya, keduanya memang fanatik dengan parts OEM versi luar Indonesia. Jangan tanya soal perjuangannya untuk mendapatkan komponen itu ya! 

Adalah Aris Zul dengan Toyota Great Corollanya dan Iwan Sadono dengan Absolute Coronanya. Jika Aris memilih gaya Greco yang ada di Amerika (USDM), maka Iwan memilih menjadikan Absolute Coronanya semirip mungkin Toyota Carina yang beredar di benua Eropa (EUDM). Wuiihhhh…

Tetap ada perbedaannya. Jika Iwan setia dengan aliran versi ‘brosur’, maka Aris masih tergoda untuk ganti pelek racing aftermarket. “Tapi setelah lihat mobil mas Iwan, sepertinya saya mau full orisinal juga deh, hahaha!” gelak Aris.  

Penasaran apa saja yang mereka lakukan? Ini ceritanya.

1. Great Corolla

Awalnya Aris sempat bingung mau dibuat gaya apa. Modifikasi ini berawal setelah ia browsing. "Saya lihat Greco keren banget pakai bumper 'monyong' gitu, belum tahu tuh kalau itu versi USDM (Amerika). Saya pun mulai cari tahu yang jual bumper ini," ujar pria 37 tahun ini. 

Tak lama, ia berhasil mendapatkan bumper set versi USDM berikut lampu belakang dalam kondisi NOS. Enggak cuma bumper yang sudah diganti versi Amerika, bahkan fog lamp OEM Greco USDM pun sudah terpasang. Kemudian head lamp, corner lamp dan gril juga ikut diganti.

“Grilnya juga versi USDM,” jelasnya. Bahkan stop lamp-nya ikut diganti dengan versi USDM, karena memang beda. 

Untuk pelek, "Sekarang saya lagi pakai pelek asli dan dop OEM Greco. Tapi setahu saya di Amerika yang versi DX, ada yang pakai pelek dan dop seperti ini juga,” kilahnya.

Sebenarnya ia sudah hampir dapat pelek alloy versi USDM. ”Tapi kalah cepat, keburu dibeli orang,” keluhnya.

Editor : Otomotif R4
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA