Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sepuluh Tahun Yamaha V-Ixion, Seperti Ini Perjalanannya Dari Generasi ke Generasi

Selasa, 18 Juli 2017 | 17:25 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Sejak diluncurkan di Indonesia pertama kali pada 2007 silam, di tahun 2017 ini Yamaha V-Ixion genap berusia 10 tahun.

Di awal kemunculannya, Yamaha V-Ixion menjadi penantang serius di segmen sport 150 cc yang saat itu dikuasai Honda Megapro.

Yamaha V-Ixion generasi awal menggebrak pasar dengan sistem pengabut bahan bakar injeksi yang diusungnya. Mesinnya sendiri merupakan hasil pengembangan dari mesin Yamaha Jupiter MX, yakni SOHC, 4 klep, dengan kapasitas ruang bakar yang diperbesar menjadi 149,8 cc.

Tidak hanya teknologi mesinnya, desain Yamaha V-Ixion juga menawarkan sebuah kebaruan di segmen sport 150 cc yang saat itu sudah mencapai titik jenuh. Yamaha V-Ixion memadukan konsep klasik dan modern melalui desain headlamp bundar dan sasis delta box yang digunakannya.

No caption
No credit
No caption
Yamaha V-Ixion generasi pertama dibekali lampu bundar

Mulai Diekspor

Setahun setelah diperkenalkan di Indonesia oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), pada 2008 Yamaha V-Ixion juga dipasarkan di Malaysia dengan membawa label FZ150i.

Selain dari segi grafis, Yamaha V-Ixion yang dipasarkan di negeri jiran tersebut mendapat perbedaan dari segi perangkat legal di jalan raya, karena FZ150i menggunakan mata kucing sebagai tambahan.

Sementara soal spesifikasi mesin masih menggunakan kode 3C1, konfigurasi SOHC, 4 klep, 149,8 cc, dengan transmisi 5 percepatan. Tenaga yang dihasilkan pun tetap 14,9 dk pada 8.500 rpm dan torsinya 14,4 Nm pada 7.500 rpm.

No caption
No credit
No caption
Yamaha V-Ixion generasi kedua

Facelift Pertama (2010-2012)

Yamaha V-Ixion mengalami pembaruan pertamanya pada 2010 dengan sejumlah revisi pada bagian eksterior. Paling mencolok adalah perubahan desain lampu utama yang tidak bundar lagi, dengan tampilan lebih meruncing.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa