Inilah Mobil Performa Tinggi Pertama Bikinan Hyundai, Berlabel Huruf N Yang Artinya....

Senin, 17 Juli 2017 | 19:27 WIB

Jerman - Hyundai i30 N yang merupakan mobil performa tinggi yang diproduksi secara massal oleh pabrikan mobil asal Korea Selatan, sudah diluncurkan (14/6) lalu di Jerman

Hyundai i30 N ini digadang-gadang menjadi pesaing seperti VW Golf GTI dan Ford Focus ST yang secara model merupakan mobil hatchback.

Bagi pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai, i30 N ini merupakan mobil performa tinggi pertama yang diproduksi dan sudah diperkenalkan di Paris Motor Show 2 tahun silam.

Di samping itu menjadi target Hyundai untuk melakukan invasi di kancah motorsport setelah tiga musim lamanya berkecimpung di ajang reli dunia menampilkan Hyundai i20 Coupe WRC.

Terlihat jelas pelek besar, kaliper rem serta air inlet di kedua samping bawah bumper menegaskan Hyundai i30 N bukanlah hatchback biasa

Kenapa Hyundai mengambil embel-embel huruf N untuk tipe mobil performa tingginya?

Kalau huruf R mungkin sudah banyak yang pakai, semisal Volkswagen.

Ternyata huruf N yang menjadi varian performa tinggi line-up Hyundai dicomot dari lokasi riset dan trek legendaris, kota Namyan (Korea Selatan) dan lintasan Nurburgring (Jerman).

Namyang merupakan putas riset dan pengembangan Hyundai di Korea Selatan yang pertama mengeluarkan ide membuat Hyundai performa tinggi.

Sirkuit Nürburgring menjadi tempat uji coba dan juga pusat uji coba Hyundai di Eropa.

Alhasil, dijadikanlah huruf N menjadi varian performa tingginya Hyundai.

Emblem N di grille Hyundai i30 menjadi ciri mobil ini bukan mobil biasa namun memiliki performa lebih dan bisa dipakai balapan

Hyundai i30 N menjadi produk perdana yang merupakan produk performa tinggi pabrikan mobil Korea Selatan.

Tidak berlebihan bila i30 N ini digadang-gadang mampu meladeni performa VW Golf GTI atau Ford Focus ST yang selama ini identik sebagai mobil hatchback performa tinggi.

Hyundai i30 N telah melakukan banyak test termasuk mengaspal di trek Nurburgring hingga total 10.000 km.

Tak hanya itu mesin 2.000 cc turbo itu terdiri dua model, model standar (Standard Package) mampu memuntahkan daya 250 dk, sedangkan model performa (Performance Package) menelurkan 275 dk.

Emblem logo N menandakan mobil Hyundai ini memiliki performa dahsyat, plus tampak dari grille yang spori serta air inlet di kedua sisi bumper depan bertujuan mengalirkan udara untuk memaksimalkan pendinginan perangkat rem.

Sektor interior dijejali instrumen yang informatif dan tetap nyaman meski performa dan kekuatan Hyundai i30 N itu sangar

Imbuhan splitter depan dan sayap belakangan di Hyundai i30 N menghasilkan gaya downforce yang membuat daya cengkeramnya maksimal.

Kemampuan berakselerasinya 0-100 km/jam berhasil ditempuh dalam kurun 6,4 detik (versi 250 dk) dan 6,1 detik (versi 275 dk).

Tidak lantas mengadopsi embel-embel mobil performa tinggi lantas menanggalkan kenyamanannya untuk fungsional harian.

Pihak Hyundai Motor Europe GmbH yang memproduksi Hyundai i30 N meyakinkan ramah buat keluarga dan juga bisa digunakan untuk keperluan harian berkat modul yang bisa diatur di tuas kendali setir.

Sampai-sampai Hyundai Motor Europe yang memproduksinya mengklaim bila Hyundai i30 N ini merupakan mobil sport harian.

Di setir terdapat pengaturan driving mode bisa dilakukan yang terdiri dari 5 mode (Eco, Normal, Sport, N dan N custom)

Salah satu alasan mobil ini cocok untuk kegiatan harian adalah ketersediaan 5 mode pengendaraan; Eco, Normat, Sport, N dan N Custom yang bisa diaktifkan via tombol di setir.

Tahun ini menjadi pembuktian bila Hyundai serius menggarap produksi mobil performa tinggi, yaitu Hyundai i30 N yang sekaligus mobil performa tinggi pertama yang diproduksi massal pabrikan asal Korea Selatan itu.

Untuk saat ini memang baru diluncurkan di Eropa dan belum ada informasi apakah Hyundai i30 N ini juga nongol di pasar Indonesia. (otomotifnet.com)

Editor :
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA