Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mantap, Pakai Royal Enfield Classic 500, Bikers Berusia 60 Tahun Ini Jelajahi Indonesia Hingga Timor Leste

Selasa, 1 Agustus 2017 | 15:39 WIB

Jakarta - Tua dan berbahaya. Kata-kata itu pantas disematkan kepada Freddy Soemitro. Pasalnya, rider kawakan dengan usia 60 tahun ini baru saja melakukan turing panjang dari Jakarta-Timor Leste (pergi pulang) dengan Royald Enfield Classic 500.

Nggak tanggung-tanggung, lebih dari 5.000 km jarak perjalanan ia tempuh bersama rekan-rekannya sesama pecinta turing. "Total jarak yang ditempuh mencapai 5.800 km dengan top speed yang berhasil diraih tercatat 120 km/jam," tutur Freddy.

Dilanjutkan Freddy, pengalaman unik yang ia rasakan selama melakukan kegiatan ini adalah ketika memasuki Kota Kefamenanu setelah melintasi jalan nasional di Atambua yang jaraknya mencapai 270 kilometer.

"Setelah melintas sejauh 28 kilometer, kami menemui perbatasan daerah yang tidak seharusnya kami lewati, yakni wilayah Oecusee. Disini kami berhadapan dengan pihak berwajib yang menjaga kawasan ini dengan cukup ketat," terangnya.

"Kami sempat bersitegang dengan petugas setempat karena dicurigai dan tidak diperkenankan masuk ke wilayah tersebut. Kami pun kembali menuju Atambua hingga akhirnya tiba di titik Pos Lintas Batas Negara Republik Indonesia dan Timor Leste."

Setelah tiba di sini, rombongan Freddy disambut salah seorang kerabat mereka di Timor Leste. "Kami akhirnya menginap di hotel yang lokasinya bersebelahan dengan kediaman Xanana Gusmao, Presiden Pertama Timor Leste,” pungkas Freddy.

Tak hanya melakukan ritual 'menjelajah', selama perjalanan, pria paruh baya yang pernah menjelajah Eropa ini juga menyempatkan bertemu dengan sejumlah komunitas motor yang dilewatinya.

"Di Denpasar kami menemui komunitas Royal Enfield The Green Team untuk bincang ringan seputar aktivitas motor di sekitar Bali dan Lombok. Dan di Kupang, kami menyambangi Asosiasi Bikers Kupang (Asbak)," katanya.

Puas bercengkrama dengan keindahan alam dan keramahan masyarakat Indonesia di Timur, Freddy dan rombongan kembali ke Jakarta. Setelah perjalanan panjang ini, ke depan ia merencanakan turing dengan rute lebih 'spektakuler', Sabang-Merauke. 

Mantap.(Otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa