Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lihat Dari Dekat Modifikasi Honda CBR1000RR SP2 Balap Ketahanan 8 Jam, Dibekali HRC Kit

Parwata - Sabtu, 19 Agustus 2017 | 06:21 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Tahun ini di Suzuka 8 Hours Endurance Race, Dimas Ekky Pratama dan dua rekannya, Zaqhwan Zaidi dan Rattaphong Willairot dari Satu Hati Honda Team Asia mendapat tunggangan baru.

Apalagi kalau bukan CBR1000RR SP2, superbike anyar keluaran 2017.

Agar kompetitif, motor ini tidak dibiarkan standar tapi sudah dipasangi racing kit dari Honda Racing Coorporation (HRC). Mulai dari Electronic Control Unit (ECU), knalpot sampai noken as HRC diandalkan.

No caption
No credit
No caption

“Sama seperti tahun lalu untuk engine pakai HRC kit, tapi sedikit diturunkan untuk durability. Sedang suspensi masih pakai Showa,” beber Dimas Ekky sambil merinci beberapa kelebihan dibanding motornya tahun lalu.

“Motor baru ini handling-nya lebih ringan, jadi mudah menikung lebih dalam. Selain itu performanya juga ada improve sedikit dibanding tahun lalu,” beber pembalap asal Depok, Jawa Barat ini

Meski begitu, spesifikasi motor Dimas ini diyakini belum setara dengan tim-tim factory. “Beberapa tim ada yang pakai pengapian Magneti Marelli, bisa pasang traction control sampai anti wheelie, jadi keluar tikungan bisa lebih mudah dan cepat,” bisik Dimas.

No caption
No credit
No caption

“Suspensi juga beda, mereka pakai Ohlins,” sambungnya.

Dengan kondisi ini, skill Dimas dan dua rider lainnya justru lebih diuji. Buktinya pencapaian tiga pembalap Asia ini masih berada di barisan depan. Mereka mampu masuk 10 besar di sesi kualifikasi. 

Kemudian, sempat berada di posisi 5 meski harus turun posisi karena harus masuk pit gara-gara kerusakan lampu belakang dan akhirnya finish di urutan ke 8.  

"Positifnya kami membuktikan bisa capai target, fight di posisi lima besar," bangga Dimas. 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa