Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gak Perlu Pakai Limbah Moge, Modifikasi Yamaha V-Ixion Ini Tetap Padat Berisi

Dimas Pradopo - Kamis, 14 September 2017 | 12:51 WIB
No caption
No credit
No caption

MALANG - Buat Ilham Azizi Nur Shoffan, motor enggak boleh standar, "Banyak kembarannya, harus beda biar jadi identitas diri," beber mahasiswa Universitas Negeri Malang ini sambil menunjuk Yamaha V-Ixion miliknya.

Agar tampil beda, konsepnya naked bike yang lebih kekar. Makanya kaki-kaki lebih dahulu dibenahi. 

Biar moge look, pasang pelek Chemco lebar 2.50x17 di depan dan 4.50x17 buat yang belakang. "Yang belakang pakai ban 160/60-17," sambungnya.

"Karena pakai ban dan pelek selebar itu, swing arm harus ganti yang lebar juga. Akhirnya pasang model Yamaha R15 tapi mereknya RD Racing," tutur Ilham, begitu ia biasa disapa. 

Kelar dengan yang belakang, giliran depan jadi terlihat kecil. Setelah tengak-tengok, akhirnya pasang upside down copotan Minerva R150VX.

"Meskipun buatan Tiong Kok tapi nyaman buat harian dan mudah perawatan karena hampir semua part-nya sama seperti sok depan RX-King," tuturnya.

No caption
No credit
No caption
Rem depan dual disc brake, pakai kaliper Suzuki Thunder
No caption
No credit
No caption
Headlamp custom, desainnya mirip Yamaha Xabre
No caption
No credit
No caption
Buntuk kental nuansa Kawasaki, stoplamp KLX dan sepatbor Ninja 250

Namun untuk pemasangan bukan perkara mudah, "Segitiga pakai Yamaha Byson, dicustom agar pas sama as komstir V-Ixion," papar Ilham.

Pekerjaan rumah masih banyak, mahasiswa teknik mesin ini harus bikin beberapa dudukan baru diantaranya untuk sepatbor depan, headlamp dan kaliper, juga harus membuat stopper kunci setang.

Enaknya pakai suspensi ini adalah, bisa pasang double disc brake. Master rem pakai RCB sedang kaliper kirinya andalkan standarnya Suzuki Thunder 125. Sedang untuk bodi enggak banyak berubah, kesan V-Ixion masih dipertahankan.

No caption
No credit
No caption
Ban belakang lebar, harus dikawinkan dengan swing arm R15
Pakai swing arm merek RD Racing wheelbase jadi molor

Yang baru ada di buritan, stop lamp pakai KLX150, "Dan pasang sepatbor Kawasaki Ninja 250 agar terlihat pendek buntutnya," yakin pria asli Jember, Jawa Timur ini.

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa