Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Poles Sendiri Headlamp Motor, Kinclong Enggak Sampai Ceban!

Parwata - Selasa, 12 September 2017 | 18:39 WIB
No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Mika plastik headlamp motor yang sudah berumur memang sering berubah menjadi kekuningan dan buram. Nah jika ini terjadi, tampilan menjadi tidak sedap dipandang dan mengganggu pancaran lampu secara keseluruhan.

Tapi tenang, ada kok cara gampang dan murah meriah buat membersihkan headlamp.

“Bersihkan saja headlamp menggunakan pasta gigi atau odol,” saran Sukandi Endah dari bengkel OTOMOTIF Service Station (OSS).

Bagaimana caranya?

Pertama sediakan pasta gigi berukuran kecil, harganya gak sampai ceban (Rp 10 ribu) kok.

No caption
No credit
No caption
gbr.1

Nah langkah pertama, bersihkan dulu mika lampu dari kotoran dan debu yang menempel, sebelum dilaburi oleh odol (gbr.1). Kemudian, oleskan pasta gigi secukupnya ke headlamp sambil diratakan ke seluruh mika lampu (gbr.2)

No caption
No credit
No caption
gbr.2

Langkah berikutnya, tunggu beberapa saat sampai odol agak mengering, setelah itu gosok menggunakan kain bersih atau kertas tisu (gbr.3), “Boleh ditambahkan sedikit air agar lebih mudah menggosoknya,” saran Sukandi. 

No caption
No credit
No caption
gbr.3

Nah setelah semua lapisan odol bersih, kita dapat segera melihat bedanya, pada tes kali ini kami menggunakan Honda Vario yang mempunyai dua headlamp sehingga dapat terlihat sebelum (kiri) dan sesudah dibersihkan (kanan) (gbr.4).

gbr.4

Sukandi menambahkan, membersihkan menggunakan pasta gigi ini sebenarnya merupakan langkah darurat, hasil terbaik didapat dengan menggunakan cleaner yang memang dikhususkan untuk membersihkan mika lampu.

Mudah kan? Trik ini tentu dapat Anda praktikkan saat santai di rumah. (Otomotifnet.com/Rangga)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa