Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gimana Merawat Karet-Karet Di Mobil? Eces, Pakai Cairan khusus Aja Agar Gak Cepat Getas

Parwata - Senin, 18 September 2017 | 13:27 WIB
No caption
No credit
No caption

“Ternyata karet-karet yang ada di mobil pun ada obat khusus, untuk menjaganya tetap bersih dan tidak mengeras”

JAKARTA - Selama ini, pasti jarang terpikir oleh Anda kalau ternyata panel-panel karet yang ada di mobil, perlu perawatan khusus juga.

Yup, seperti sifat alami karet lainnya, kalau sering terkena panas atau tidak dirawat pasti akan mengeras atau jadi getas.

Apa yang terjadi kalau karet jadi getas? “Kalau karet pintu efeknya bisa membuat pintu jadi tidak rapat menutupnya, kalau karet kaca bisa bikin baret kaca sewaktu naik turun karena mengeras dan menyimpan kotoran,” ujar Mety, dari toko spesialis karet mobil Setia Jaya di sentra onderdi Duta Mas Fatmawati, Jakarta Selatan.

Menurut Guntar Wicaksono, Marketing Head Meguiar's Indonesia, “Yang utama adalah karet pintu, semua karet kaca, karet bagasi dan karet kap mesin kalau ada. Perlu dibersihkan dan dirawat sebulan sekali agar lebih awet dan tidak mudah getas,” ujar pria yang akrab disapa Guntar ini. 

No caption
No credit
No caption
gbr.1

Senada dengan Guntar, “Memang karet di bodi mobil itu harus diperhatikan juga perawatannya. Apalagi bila mobil sering diparkir di luar yang terkena panas dan hujan. Efeknya, bisa cepat getas,” ujar Stanley Tjhie, Business Opportunity Development Manager (BOD Manager) PT. Laris Chandra selaku pemegang merek STP. 

Kalau di Meguiar's, obat untuk mejaga material karet di mobil tetap terjaga baik, bernama Ultimate Protectant. “Sebelumnya dibersihkan dulu dengan All Purpose Cleaner (APC). 

No caption
No credit
No caption
gbr.2

Pengaplikasiannya mudah, semprotkan APC ke microfiber (Gbr. 1) lalu lap sepanjang karet yang akan dibersihkan (Gbr. 2), terakhir baru pakai Ultimate Protectant (Gbr. 3),” jelas Guntar, sembari kasih tau untuk harga APC Rp 180.300, Ultimate Protectant Rp 185.150.

No caption
No credit
No caption
gbr.3

Sementara di STP ada Son of A Gun Protectant, ”Son of A Gun ini bisa dipakai untuk membersihkan sekaligus melindungi karet-karet yang ada di mobil.

Pemakaiannya cukup semprotkan ke karet yang akan dibersihkan, lalu ratakan dengan spons,” jelas Stanley. Untuk harga yang ukuran 16 Oz (473 ml), bias ditebus seharga Rp 87 ribu per botol. Sementara yang ukuran 10 Oz (295 ml) Rp 52 ribu per botol. 

Semua produk ini baik STP maupun Meguiar's bisa dibeli di sentra onderdil maupun gerai seperti Ace Hardware dan lainnya. (Otomotifnet.com/Kyn)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa