Begini Rasanya Nyetir Truk Volvo, Kok Mirip Naik Suzuki Ignis AGS Ya?

Kamis, 14 September 2017 | 13:10 WIB

JAKARTA - Mulai saat ini, semua truk Volvo seperti model FH16, sudah tidak lagi menggunakan transmisi manual, dan beralih ke sistem transmisi otomatis yang mereka sebut dengan I-Shift.

Transmisi ini mempunyai 12 percepatan. Yang cukup unik, kinerja transmisi I-Shift ini mirip dengan AGS pada Suzuki Ignis. Kok bisa?.

"Transmisi I-Shift ini adalah transmisi manual yang bekerja secara otomatis. Tak ada lagi pedal kopling, jadi dalam perpindahan gigi, semuanya diatur oleh komputer," terang Ian Sinclair, Director of Product Volvo Truck International.

Sistem transmisi I-Shift pada truk Volvo

Bedanya, kalau nyetir Ignis, ketika mau turun atau naik gigi, kita harus melepas gas terlebih dahulu. Mekanisme tersebut tak perlu dilakukan jika kita mengendarai truk Volvo.

"Jika gigi mau pindah ke posisi yang lebih rendah atau tinggi, pengemudi tak perlu mengangkat pedal gas, karena perpindahannya sudah diatur oleh komputer. Meskipun gas tetap diinjak, tapi tak ada hentakan yang terjadi ketika gigi melakukan perpindahan," tambah Ian.

Transmisi I-Shift terdiri atas R untuk mundur, N yang berarti netral, A yang sama dengan D pada mobil umumnya, dan M untuk mode manual.

Nyetir truk segede gaban enggak pakai pegel lagi nih.(Otomotifnet.com)                       

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA