Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gaesss, Menguras Radiator Itu Sebaiknya Dilakukan Rutin. Ini Faedah dan Cara Kurasnya!

Parwata - Jumat, 15 September 2017 | 18:25 WIB
No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Menghindari tersumbatnya radiator, dianjurkan untuk rutin menguras dan mengganti cairan pendinginnya.

“Bila mobil sering digunakan, sebaiknya dikuras setiap 6 bulan sekali. Paling lama setahun sekali. Tergantung pemakaian,” ujar Syahroni, mekanik bengkel Graha Mobilindo di kawasan Kalimalang, Jakarta Timur.

Tak hanya itu, kuras radiator juga dianjurkan ketika membeli mobil bekas.

Bila perlu, lanjut pria yang akrab disapa Roni ini juga dibarengi dengan melakukan flushing radiator menggunakan radiator flush (RF) yang banyak dijual di pasaran. 

Misalnya ada merek Prestone, Bryston, Dobelli, Waxco, Master dan lainnya. Harganya berkisar antara Rp 85 ribu hingga Rp 150 ribuan.

Tujuan memakai RF, "Untuk merontokkan deposit yang nempel di permukaan saluran pendingin. Sehingga tidak menumpuk,” terang Roni.

Langkah ini juga disarankan ketika kita hendak mengganti cairan radiator pakai merek lain. Sehingga sirkulasi air radiator bisa kembali optimal. 

Nah, proses flushing pakai RF mudah saja kok. Dijamin bisa dikerjakan sendiri di rumah. Yuk, dicoba langkah-langkahnya! (Otomotifnet.com/Tom)

No caption
No credit
No caption
gbr.1

1. Dalam kondisi mesin dingin dan tutup atas radiator dibuka, buang sedikit air radiator dengan cara mengendurkan tutup pembuangan yang ada di bagian bawah radiator. Tak perlu terlalu banyak, kira-kira 200 - 300 ml saja.

"Tujuannya agar radiator flush bisa dimasukkan ke dalam radiator," tambah Muhamad Tasrikin atau biasa disapa Ikin, dari Kien’s Abadi Motor di sentra onderdil Ramanda Depok, Jabar .

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa