Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

ITW Desak Operasi Zebra Disetop, Anggap Gak Ampuh Dan Efektif

Parwata - Jumat, 9 November 2018 | 18:30 WIB
Operasi Zebra di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (14/11/2017).(stanly)
Operasi Zebra di Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (14/11/2017).(stanly)

Otomotifnet.com - Indonesia Traffic Watch (ITW) melalu Ketua Presidiumnya, Edison Siahaan, mendesak Kapolri untuk menhentikan operasi lalu lintas yang digelar dengan sandi Operasi Zebra, Operasi Simpatik dan Operasi Patuh Jaya dalam beberapa bulan ini.

Bahkan dia meminta kepada para anggota DPR Komisi 3 untuk segara mengambil sikap terhadap kegiatan operasi tersebut.

"Kita juga mendesak kepada Komisi 3 DPR RI untuk mempertanyakan hal ini, apa pelaksanaanya?"

"Apa efeknya dalam mewujudkan kamseltibcarlantas itu? Harus ada dong. Kalau tidak untuk apa dibuat setiap tahun," kata Edison Siahaan di Jakarta, Jumat (9/11/2018).

"Kapolri juga harus bisa menjelaskan efeknya sejauh mana dan manfaatnya apa? Kalau tidak ada manfaatnya lebih baik potong anggarannya," sambung Edison Siahaan.

(BACA JUGA: Sunmori & Sahabat Satu Hati Berbagi, Plesir Ke Kota Tua Sekalian Bakti Sosial)

Ia mengaku, operasi itu dinilai tidak memberikan dampak signifikan terhadap upaya polisi mewujudkan kesadaran masyarakat dalam keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

"Artinya gini, dalam UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan disebut ada peran masyarakat di situ, yang seharusnya itu didengar oleh penyelanggara dan penanggung jawab Lalu lintas dan angkutan jalan," ucap  Edison Siahaan.

"Jadi kalau memang tindakan itu tidak efektif dalam rangka mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) harusnya dengan legowo mereka melakukan evaluasi untuk menentukan apakah itu bisa lanjut atau tidak," sambungnya.

Edison mengaku, jika melihat dari hasil operasi seperti Zebra, Simpatik dan Patuh tidak memiliki efeknya terhadap upaya mewujudkan Kamseltibcarlantas.

(BACA JUGA: Dilaporkan Hilang Nyetir Mitsubishi Mirage, Driver Taksi Online Ditemukan Meninggal Di Pinggir Kali)

Editor : Joni Lono Mulia
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa