Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

ClinkChrome, Kini Punya Dua Cabang

billy - Selasa, 21 Mei 2013 | 13:47 WIB
No caption
No credit
No caption


Namanya ClinkChrome. Sesuai nama, yang kusam-kusam bisa balik cling lagi. Seperti knalpot, sokbreker, pelek, footstep atau benda lain yang sudah lawas atawa nggak lagi mengkilap. Goresan, guyuran air hujan atau air laut jadi penyebab utama bikin krom lecet. Bahkan pudar.

Yup, Bro Eri Sumarsono bikin usaha ‘pengkinclong’ mulai 2005. Karena mainannya cairan keras, Eri lulusan Akademi Kimia Analis Bogor.

“Awalnya usaha untuk keluarga. Melihat di Jakarta masih jarang, akhirnya coba buka tuh,” tutur pria 30 tahun ini. Proses pembuatannya tak segampang pasangnya, bro. Part kudu masuk tahap pengelupasan cat ke cairan soda api.

Setelah bersih, lanjut ke proses buffing. Buat menghaluskan cat yang masih kasar, pakai roda dilapis kain jeans yang dibubuhi bubuk ampelas dan diteruskan pakai ampelas murni.

Setelah itu, langsung dicelup cairan nikel bersuhu 80 derajat celcius sebagai pelapisan awal. Nah, baru deh dikrom di suhu 60 derajat celcius.


Soal harga, dihitung per item. Ini tergantung dari jenis part. Misal, besi atau babet (campuran aluminium). Menurut Eri, bisa lebih mahal babet karena proses kerjanya yang lebih sulit ketimbang besi biasa.

Contoh, buat standar samping. Dihargai Rp 25 ribu. Tetapi cover CVT skubek, bisa dipatok Rp 500 ribuan. “Hingga kini, saya bisa buka cabang ke-2. Yang pertama, di Jakarta Timur itu,” ujar Eri. (motorplus-online.com)

ClinkChrome (Cabang ke-2)
Jl. H Mencong (Jl. Cipto Mangunkusumo) No. 25, Peninggilan Utara, Ciledug Tangerang. HP 0813-1441-9333

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa