Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Skema Pajak Mobil Elektrifikasi Siap Berlaku, GAIKINDO Sampaikan Pesan Ini ke Pabrikan

Ignatius Ferdian,Muhammad Rizqi Pradana - Minggu, 17 Januari 2021 | 20:45 WIB
Ilustrasi deretan mobil listrik
Carmagazine.co.uk
Ilustrasi deretan mobil listrik

Otomotifnet.com - Beragam cara dilakukan pemerintah untuk mempercepat pengembangan kendaraan berbasis listrik berserta ekosistemnya guna mengurangi emisi karbon.

Salah satu caranya yakni lewat skema penetapan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan bermotor, berdasarkan PP Nomor 73 Tahun 2019 yang mulai berlaku Oktober 2021 nanti.

Adapun PP Nomor 73 Tahun 2019 ini dengan rinci mengatur pengenaan pajak untuk kendaraan elektrifikasi seperti hybrid, PHEV serta mobil listrik murni (Electric Vehicle/EV).

Dengan adanya peraturan tersebut, secara tidak langsung memberikan lapangan bermain yang adil untuk para pelaku industri otomotif Indonesia.

Baca Juga: Toyota, Hyundai Sampai Nissan Sudah, Mobil Listrik Honda Muncul Tahun Ini di Indonesia?

Karena semua pabrikan akan menggunakan perhitungan dari regulasi yang sama untuk ‘menggodok’ produknya di segmen kendaraan elektrifikasi.

“Sekarang bolanya dari para pelaku, dari para anggota GAIKINDO, apakah mereka mau bermain di situ,” ujar Kukuh Kumara, selaku Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) (14/1/2021).

“Karena regulasi sudah disediakan, infrastrukturnya juga sedang dibangun, tinggal mereka pilih mau ikut bermain atau tidak,” tambahnya.

Meski begitu, Kukuh pun mewanti agar para pabrikan tidak serta-merta langsung ‘jor-joran’ untuk terjun di segmen kendaraan elektrifikasi setelah PP tersebut berlaku.

Baca Juga: Hyundai Bikin Mobil Listrik Mungil, Bantu Pasien Anak di Rumah Sakit

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa