Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemerintah Genjot Ekosistem Industri Baterai Kendaraan Listrik, Melimpahnya Bahan Baku Jadi Alasan

Naufal Shafly,Ignatius Ferdian - Jumat, 25 Juni 2021 | 16:15 WIB
Modul baterai mobil listrik Ford
Ford Motor Company
Modul baterai mobil listrik Ford

Otomotifnet.com - Pemerintah sampai saat ini terus menggenjot pengembangan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dan energi baru terbarukan (EBT).

Hal ini dilakukan guna mewujudkan target Indonesia sebagai pemain utama industri kendaraan listrik global.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, Taufiek Bawazier, mengatakan kendaraan listrik akan menjadi masa depan industri otomotif dunia.

"Permintaan EV di dunia diperkirakan terus meningkat dan akan mencapai sekitar 55 juta unit pada tahun 2040. Pertumbuhan ini tentunya mendorong peningkatan kebutuhan baterai lithium ion (LIB)," ungkap Taufiek Bawazier.

Melihat hal ini, Taufik optimis Indonesia bisa menjadi pemain penting industri kendaraan listrik dunia karena memiliki sumber bahan baku baterai.

Baca Juga: Pengguna Mobil Listrik Happy Nih, Jasa Marga Sediakan SPKLU di Rest Area Tol Ini

"Hal ini menjadi potensi pengembangan industri baterai yang merupakan komponen utama dalam ekosistem energi terbarukan. Energi yang dikonversi dari sumber terbarukan akan disimpan dalam baterai dan akan digunakan baik secara langsung atau melalui jaringan listrik," paparnya.

Taufiek mengatakan, saat ini di Tanah Air sudah terdapat sembilan perusahaan yang mendukung pengembangan industri baterai.

Lima di antaranya sebagai penyedia bahan baku seperti nikel murni, kobalt murni, nikel ferro, dan endapan hidroksida campuran. Sedangkan, keempat perusahaan lainnya adalah produsen baterai.

“Dengan demikian, Indonesia mampu mendukung rantai pasokan baterai mulai dari bahan baku, kilang, manufaktur sel baterai dan perakitan baterai, hingga daur ulang,” jelas Taufiek.

Ia menambahkan, pengembangan baterai nantinya juga akan diarahkan untuk mendukung program EBT pemerintah, salah satunya melalui solar energy.

Baca Juga: Pemerintah Genjot Industri Kendaraan Listrik, Begini Terobosannya

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa