Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Wajib Hati-hati Nih, Boncenger Resikonya Lebih Besar Ketimbang Pengendara Saat Kecelakaan

Ferdian - Jumat, 17 September 2021 | 17:15 WIB
Ilustrasi kecelakaan di persimpangan jalan
Manado.tribunnews.com
Ilustrasi kecelakaan di persimpangan jalan

Otomotifnet.com - Banyak sekali kecelakaan lalu lintas yang dialami para pengendara motor.

Baik kecelakaan yang disebabkan oleh pengendara itu sendiri, atau pun yang melibatkan kendaraan lainnya.

Bahkan tidak sedikit pengendara maupun pembonceng mengalami luka parah hingga meninggal dunia dikarenakan kecelakaan tersebut.

Dalam banyak kasus, pembonceng motor justru yang lebih sering menjadi korban dengan cedera yang lebih parah ketimbang dengan pengemudi.

Menanggapi hal ini Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, memang benar jika rata-rata kecelakaan yang melibatkan sepeda motor, maka risiko cedera terbesar ada pada pembonceng.

“Pasti korbannya lebih fatal yang dibonceng, karena rata-rata yang dibonceng tidak siap, tidak melihat (situasi di depan) dan kurang waspada,” katanya belum lama ini.

Sedangkan untuk pengendaranya akan lebih siap karena posisinya berada di depan dan lebih memahami lingkungan berkendara dibandingkan dengan pembonceng.

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele, Mata Kucing atau Reflektor Pasif di Motor Fungsinya Penting

“Pengendara yang di depan kan yang mengarahkan motornya jadi sudah memperhitungkan risikonya. Walaupun tetap punya risiko,” ujar Sony.

Untuk itu, Sony menyarankan, jika seseorang berada di posisi sebagai pembonceng agar tidak lengah selama perjalanan.

“Idealnya tetap memantau kondisi di depannya, jadi ada persiapan kalau emergency. Jangan pernah lengah atau terlalu percaya dengan rider,” ucapnya.

Hal yang sama juga diucapkan oleh Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani. Pembonceng juga harus berkonsentrasi terhadap lingkungan berkendara agar lebih siap jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Tentunya pembonceng itu juga memiliki risiko yang sama jika terjadi kecelakaan. Artinya pembonceng juga harus berkonsentrasi dalam berkendara," kata Agus.

Agus mengingatkan, sebagai pembonceng ada beberapa hal yang harus dilakuan untuk keselamatan baik pengendara maupun pembonceng.

Hal tersebut antara lain pembonceng harus berpegangan kepada pengendara.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa