Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Drive New Nissan Grand Livina 1.5 XV A/T, Gaya Makin Elegan

Billy - Senin, 4 April 2011 | 15:05 WIB
Nissan Grand Livina 2011
Dok. OTOMOTIF
Nissan Grand Livina 2011

Otomotifnet.com - Tanpa harus menggantinya dengan model lain, PT Nissan Motor Indonesia percaya diri menawarkan Nissan Grand Livina dengan wajah baru, untuk terus eksis disegmen low-MPV, yang memang merupakan pasar yang sangat menarik di tanah air.

Jadi timbul pertanyaan, seberapa jauh ubahan-ubahan yang dilakukan Nissan Motor Indonesia pada MPV andalannya ini? Untuk mengetahuinya, yuk kita cermati ulasan test drive-nya.

Desain, Makin Elegan Makin Dewasa

Memandang tampangnya, memang tidak akan membuat pangling. Namun, padanan grill baru yang minim garis, memberikan kesan elegan pada New grand Livina. Begitu juga pada aplikasi bodikit dan desain velg barunya.

Sementara masuk kedalam kabinnya, nuansa hitam menjadi sangat kental di New Grand Livina. MPV 7 penumpang ini seolah menjadi lebih dewasa dengan tampilan serba hitamnya.

Sayang, aplikasi speedometer warna putih barunya kurang harmonis dengan nuansa interior secara keseluruhan dan materialnya seperti murahan, sehingga speedometer tidak terlihat mewah dan berkelas.

Nissan Grand Livina 2011
Dok. OTOMOTIF
Nissan Grand Livina 2011


Fitur dan Teknologi, Lumayan Ada DVD Player

Nissan Grand Livina XV termasuk varian menengah dari jajaran Grand Livina. Jadi, tidak mewah tapi tidak murahan. Sehingga, fitur-fiturnya pun tidak akan sebanyak varian Ultimate.

Fitur keselamatan seperti airbags dan rem ABS tidak terdapat pada varian ini. Tapi, kenyamanan keluarga akan terpuaskan dengan DVD player dan monitor 8 inci sebagai fitur standarnya.

Nissan Grand Livina 2011
Dok. OTOMOTIF
Nissan Grand Livina 2011


Performa, Jangan Dikasarin

Mesin New Grand Livina memang tidak berbeda dari generasi sebelumnya. Berbekal mesin 1.5 Liter HR15DE. Teknologi yang ditawarkan CVTC (Continuous Variable Valve Timing Control) dan pedal gas tanpa kabel atau EDBW (Electronic Drive-By-Wire).

Karakter performa dari Grand Livina terbilang lembut. Sangat cocok untuk membawa keluarga. Namun, lembut bukan berarti tanpa tenaga lho, buktinya di jalan tol, angka 160 km/jam mudah diraih kok.

Termasuk perpindahan tiap-tiap giginya juga lembut, cenderung tidak terasa. Kecuali pedal gasnya anda injak spontan. Jadi, akselarasi Grand Livina asiknya diurut, bukan diinjak gas spontan.

Nissan Grand Livina 2011
Dok. OTOMOTIF
Nissan Grand Livina 2011


Handling dan Kenyamanan, Suspensinya Empuk

Soal handling, Grand Livina cukup anteng untuk dikemudikan. Manuver-manuvernya tidak menyulitkan, malah tergolong lincah untuk sebuah MPV. Begitu juga saat kecepatan tinggi, tidak ada kesulitan berarti saat mengendalikannya.

Kabin yang senyap, bahkan suara mesin begitu hening, juga redaman suspensi yang empuk saat kecepatan rendah, menjadi penilaian penting untuk menentukan kelayakan dari kenyamanan yang ditawarkan New Grand Livina.

Nissan Grand Livina 2011
Dok. OTOMOTIF
Nissan Grand Livina 2011


Konsumsi BBM, Layak Dipakai Sehari-Hari

Menggunakan bahan bakar Pertamax, konsumsi BBM New Grand Livina memang cukup irit, sehingga layak untuk dijadikan mobil sehari-hari yang sering menghadapi kemacetan.

Pengetesan OTOMOTIFNET.com, pada kondisi lalu lintas dalam kota, New Grand Livina bisa diajak berjalan sejauh 12,3 km untuk 1 liter Pertamax. Dan di jalan tol, 1 liter Pertamax bisa menempuh jarak 15,7 km.


Harga dan Pesaing

PT Nissan Motor Indonesia membanderol New Grand Livina XV 1.5 A/T ini seharga Rp 194.500.000 On The Road. Dan siapapun tau, disegmen ini, terlalu banyak pesaing yang tidk bisa dianggap remeh.

Toyota Kijang Innova dan Honda Freed, jelas merupakan dua merek yang sangat menakutkan. Namun, Nissan sepertinya percaya diri dengan Grand Livina terbaru ini.

(mobil.otomotifnet.com)

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa