Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sepuluh Batang Korek Api Saat Membobol Mobil, Buat Apa Hayo?

Selasa, 14 Oktober 2014 | 17:33 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Di era milenium dan jaman yang serba canggih ternyata hal tak semua juga serba canggih. Pada kejahatan misalnya, percaya atau tidak hal ini kerap kali menjadi pegangan para komplotan pencuri dalam beraksi. Seperti pengakuan BS dari kelompok Sumatera yang sudah mendekam 1,5 tahun di Lapas kelas 1 Tanggerang.

Komplotan spesialis pembobol kaca yang beroperasi di wilayah Jakarta ini mengaku mendapat bekal dari gurunya yang berada di daerah pesisir pantai Jawa Barat. Sebelum beraksi, dirinya meminta wejangan dan bekal untuk memuluskan aksinya dan tidak diketahui orang. Ia pun dibekali 10 batang korek api kayu, tak lupa sebelumnya diberikan jampe-jampe oleh sang guru. Kira-kira apa kegunaan korek api itu dalam pembobolan kaca. Penasaran, kan?

Setelah pilih hari yang cocok untuk beraksi, maka mulailah dirinya beroperasi dibantu oleh satu orang rekan. Nah, rekannya bertugas unntuk berjaga dan menyalakan 10 batang korek api itu. Satu batang korek yang dibakar punya waktu sekitar 10 – 15 detik untuk padam. Jika padam, rekannya langsung membakar korek api lainnya lagi.

Oalah, ternyata buat jadi timer. Jika dihitung waktu beraksinya, dari 1 batang korek api didapat 10 – 15 detik, berarti untuk 10 batang korek menghasilkan waktu sekitar 100 – 150 detik. Artinya, dirinya memiliki waktu kurang dari 2 menit untuk beraksi menguras isi dalam kendaraan dan melarikan diri.

"Bisa jadi, pelaku yang menggasak mobil di perumahan Green Garden, Jakbar menggunakan tehnik yang sama. Lantaran aksi pembobolan itu tidak diketahui oleh pemilik mobil dan Satpam yang berjaga di rumah tetangganya, jelas HB, pemilik mobil Vellfire yang dihubungi kembali oleh OTOMOTIFNET. Padahal, mobil yang digasak berada di dalam garasi rumah dan halaman rumah. Tapi pada kenyataannya pemilik maupun satpam yang berjaga tidak merasakan hal yang ganjil saat kejadian.

Kirain ada bau-bau klenik atau teknik baru, ternyata korek cuma jadi timer alias penghitung waktu. Ada-ada saja. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa