Ganti Per Kopling Kawasaki Versys-X 250 Biar Lebih Nendang

Minggu, 14 Mei 2017 | 13:13 WIB

Jakarta - Kawasaki Versys-X 250 punya kopling persis Kawasaki Ninja 300 dan Kawasaki Ninja 250 Limited Edition, sudah dibekali fitur slipper clutch. Memang enak saat deselerasi, engine brake lebih lembut.

Diameter tinggi dan lebarnya sama semua antara Kawasaki Ninja 250, Ninja 300 dan Yamaha YZF-R25

Tapi kekurangannya, karena per koplingnya cuma tiga jadi kurang nyentak saat tarikan awal. Apalagi jika ridernya punya badan gambot.

“Iya, tarikan awalnya kurang greget. Sempat kesal pas turing ketemu tanjakan terjal, motor malah ngeden,” gerutu M. Naufal Shahensah pengguna Versys-X 250 yang beratnya hampir 100 kg ini. 

Mau produk dalam negeri ada keluaran CLD, Direkomendasi Anjany Racing seharga Rp 200 ribu saja

Nah, solusinya ganti saja per koplingnya. Meski belum ada yang khusus untuk Versys-X 250 tapi bisa subtitusi dengan motor lain.

“Kita coba mengakalinya dengan mengganti per kopling Versys-X 250 ini dengan per aftermarket yang lebih keras,” buka Tommy Bramudya dari Ngayun Speed di Jl. Arteri Kelapa Dua, Jakbar. 

Ngayun Speed menganjurkan pakai merek Vertex dengan 2 pilihan warna dan lebih tinggi 2 mm dari standarnya

“Kopling jadi lebih nyentak, tarikan awalnya juga jadi lebih nampol. Tahu dong efeknya, kalau tarikan responsif, bukaan gas enggak perlu dalam-dalam lagi,” sambungnya.

Menurutnya, subtitusinya bisa pakai per kopling Ninja 250 yang masih 4 per. Meski belum pakai slipper clutch tapi diameter lebar serta tinggi pernya sama yaitu tinggi 4,3 cm dan lebar 1,8 cm.

Ada juga per import keluaran Barnet yang dijual Rp 300 ribu oleh One3motoshop

Artinya per ini bisa saling tukar, “Enggak cuma Ninja 250 limited edition atau Ninja 300, tapi per kopling Yamaha YZF-R25 juga bisa diaplikasikan ke Versys-X 250,” ungkap Sudirjo mekanik Anjany Racing (AR).

Tinggal pilih dan pasang deh.   Sigit/otomotifnet.com

Editor : Dimas Pradopo
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA