Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Trouble Shooting Turing Mudik Lebaran, Langkah Ini Cegah Rem Motor Blong atau Macet Saat Turing

Antonius Yuliyanto - Rabu, 21 Juni 2017 | 13:28 WIB

Jakarta - Guna mengurangi kecepatan, utamanya tentu pakai rem baru dibantu engine brake. Nah jika rem bermasalah, tentu sangat bahaya. Pada rem cakram, masalah yang mungkin terjadi rem blong, ditekan tak ada tekanan. 

“Biasanya itu terlalu panas, diamkan sampai suhu turun maka akan normal lagi,” saran Agustinus Purwanto, mekanik Nero Speed di Purwokerto.

Hal tersebut biasanya terjadi karena kesalahan pengendara, tuas rem terus-menerus ditekan sehingga kampas terus bergesekan dengan piringan, timbul panas kemudian merambat ke piston kaliper dan berlanjut ke minyak rem. 

( BACA JUGA : Trouble Shooting Turing Mudik Lebaran, Kalau Motor Mogok dan Brebet Apa Yang Harus Dilakukan? )

Jika minyak remnya kurang bagus, maka memuai sehingga jadi blong.

“Bisa juga karena sistem rem masuk angin, pompa lalu tekan dan tahan tuas rem kemudian buka baut pembuangan minyak remnya sampai anginnya habis,” saran Tomy Bramudia dari bengkel Ngayun Speed di Kelapa Dua, Jakbar. 

Selain itu ngeblong juga bisa karena seal master rem rusak, kalau ini yang terjadi maka mesti ke bengkel, karena harus ganti.

Bagaimana jika rem cakram macet? Bisa karena piston di kaliper kotor.

Langkah daruratnya buang minyak rem agar piston kembali masuk, kemudian sementara rem jangan dipakai sambil jalan perlahan cari bengkel terdekat untuk dibongkar. (Aant / Otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa