Merawat Karpet PVC Coil Lebih Gampang Dari Karpet Mobil Biasa. Begini Nih Caranya

Rabu, 13 September 2017 | 18:05 WIB

JAKARTA - Aplikasi karpet mobil berbahan PVC coil, kian marak di Tanah Air. Ini lantaran bentuknya yang tebal dan empuk sehingga bikin nyaman ketika diinjak. 

Selain nyaman, ternyata ketebalan permukaan tersebut membuat debu atau kotoran yang jatuh, bisa terjebak di bagian dasar. Ini yang bikin debu atau kotoran lain tidak menyebar ke bagian kabin lainnya. 

Cara bersihkan cukup mudah, cukup dikibas-kibar lalu di-vacuum cleaner

Namun, kemudian timbul pertanyaan, bagaimana ya cara membersihkannya? Ternyata tidak sulit kok.

“Cukup dikeluarkan dari mobil, dibalik dan dikibas-kibas, bisa juga pakai penyedot debu atau vacuum cleaner,” kata Ricky, staf marketing executive PT. Performa Indo Lestari, distributor produk karpet Comfort. 

Dengan sedot debu, “Kotoran seperti sisa makanan bisa terangkat juga, namun akan lebih bersih lagi kalau sekalian dicuci,” terang Ricky lagi.  Bagaimana dengan sisa lumpur atau tanah yang menempel di sepatu? “Tunggu saja sampai kering di karpet, kemudian copot karpet dan dikibas-kibas, bersih kok,” kata Ricky.

Kalau ada tumpahan cairan, cukup tempelkan tissue pada karpet untuk mengeringkannya

Tak sulit membuka atau memasang karpet PVC coil, “Ini lantaran bentuk karpet sudah disesuaikan dengan tipe mobil atau biasa disebut custom fit,” terang Christopher Sebastian, CEO Makko Group, distributor karpet merek First Class. Karena disesuaikan untuk mobil secara spesifik, tidak menyebabkan karpet bergerak saat diinjak. 

Waktu pengerjaan membersihkan karpet tak lama, ”Biasanya paling cuma setengah jam, atau tak sampai satu jam untuk mobil dengan jok tiga baris dan model rel, seperti Alphard atau Serena,” kata Christopher lagi. 

Ditambahkan Ricky, “Untuk tipe model Alphard atau Serena, buka karpetnya memang mudah. Tapi, tak semua bisa rapi memasangkannya kembali. Makanya saya sarankan divacuum saja.”  

Kalau malas mencopot, cukup bersihkan dengan vacuum cleaner

Sekadar informasi, baik merek Comfort atau First Class punya ketebalan coil lebih dari 1 cm, “Produk kami ada yang tebal 1,2 cm dan 1,8 cm,” terang Ricky. Sedangkan yang First Class, “Tebalnya sekitar 2 cm,” tambah Christopher lagi.

Dengan kualitas bahan yang kuat, produk-produk ini diklaim tidak mudah rusak atau sobek. “Karpet ini juga mengggunakan bahan kimia yang tidak menguap sehingga terhindar dari gangguan kesehatan,” kata Christopher lagi. 

Harga karpet PVC Coil ini bervariasi berkisar mulai dari Rp 1 juta (untuk mobil kecil seperti Agya atau Brio) hingga Rp 6 juta (mobil tiga baris). (Otomotifnet.com)

Comfort : (021) 6530-8165
First Class : 0812-8800-090

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA