Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penyakit Kawasaki Ninja 250 FI Bikin Ngeri, Ealah, Kadang Ulah Pemilik Sendiri

Ferdian,Harun Rasyid - Minggu, 3 Juli 2022 | 16:00 WIB
Kawasaki Ninja 250 Fi Bekas
Istimewah
Kawasaki Ninja 250 Fi Bekas

Otomotifnet.com - Buat yang kepengin boyong Kawasaki Ninja 250 FI seken, simak tips cek salah satu penyakit di sistem pendinginan mesinnya.

Karena penyakit Kawasaki Ninja 250 FI lansiran 2013-2017 ini bisa berdampak fatal kalau tak ditangani dengan tepat.

Owner bengkel Mahendra Moto Sport (MMS), Ivan Hendra Hadinata, mengatakan penyakit Kawasaki Ninja 250 FI yang sering ditemui berada di bagian sensor kipas radiator yang bisa mengakibatkan mesin kepanasan.

"Sensor kipas radiator Ninja 250 FI lama ini kadang sudah lemah karena usia motornya sudah lima tahun lebih," tutur Ivan (1/7/2022).

"Jadi sensor ini bisa enggak fungsi ketika suhu mesin di 105 derajat, akhirnya bisa overheat karena kipas tidak juga hidup di suhu yang kelewat tinggi misalnya di 110 derajat," lanjut pria yang bengkelnya berada di Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Ivan, masalah sensor kipas radiator tersebut terkadang mendapat penanganan yang salah.

Salah satunya adalah pemilik Kawasaki Ninja 250 FI yang memasang saklar manual untuk sensor kipas tersebut, hingga akhirnya memberikan dampak buruk.

"Sedangkan sensor ini harusnya otomatis menyala di 105 derajat, bukan dioperasikan manual pakai feeling. Jadi jika saklar menyala terus, brush dinamo kipas radiator bisa rusak," jelasnya.

"Sedangkan kalau kipasnya telat menyala, dampaknya bisa overheat dan bahayanya lagi blok mesin bisa melengkung atau bengkok sedikit. Ini menyebabkan air radiator bisa masuk ruang bakar," sambung pria ramah tersebut.

Ilustrasi kipas Radiator Kawasaki NInja 250 FI
otomotifnet
Ilustrasi kipas Radiator Kawasaki NInja 250 FI

Editor : Iday
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa