Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+
Advertorial

Meriahkan AHM Best Student 2023, Ratusan Generasi Muda Ciptakan Ide Inovatif di Bidang ESG

Ni Wayan Nugrahani Puspita Dewi - Jumat, 1 September 2023 | 09:10 WIB
Proses presentasi online AHM Best Student.
DOK. AHM
Proses presentasi online AHM Best Student.

Otomotifnet.com - Setelah resmi dimulai pada awal Maret 2023, AHM Best Student 2023 kini telah memasuki tahap seleksi nasional. Ajang tersebut merupakan kolaborasi antara PT Astra Honda Motor (AHM) dan jaringan dealer sepeda motor Honda di seluruh penjuru Indonesia.

Mengusung tema "Generasi Z Unggul, Indonesia Gemilang," ajang ini berhasil mengumpulkan sebanyak 781 ide dan karya kreatif dari para pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. Semua karya tersebut bertujuan untuk memberikan solusi terhadap berbagai isu global dan nasional yang berkaitan dengan Environmental, Social, and Governance (ESG).

Secara total, terdapat 603 proposal atau ide kreatif serta 178 invensi yang dihasilkan oleh para peserta. Setelah melalui proses seleksi awal, kini terpilih 108 karya yang akan bersaing dalam tahap seleksi nasional yang berlangsung pada Agustus-September 2023.

Baca Juga: AHM Apresiasi Siswa Yang Jadi Pengusaha Muda, Beri Motor Hingga Beasiswa Rp 54 juta


Seluruh ide dan hasil karya yang terpilih diuji melalui penjurian secara tertulis (paper) dan melalui sesi presentasi di hadapan para dewan juri. Seleksi final akan dilakukan pada bulan Oktober 2023 yang melibatkan 27 karya terbaik.

Para peserta yang karyanya terpilih untuk maju ke babak final akan kembali bersaing dan mempresentasikan karya mereka secara langsung di hadapan para dewan juri dari alumni AHM Best Student, praktisi, akademisi, hingga para profesional di setiap bidang.

General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan, ratusan gagasan dan karya kreatif para anak muda penerus bangsa ini sesuai dengan semangat AHM Best Student, yakni creative, care, dan confident.

AHM Best Student juga menjadi upaya perusahaan mewadahi pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang unggul melalui rangkaian program yang dikemas khusus dan menarik bagi Gen Z.

“Kami sangat mengapresiasi semangat tinggi generasi muda penerus bangsa dalam berkarya dan menyongsong masa depan dengan kepedulian terhadap berbagai isu sosial, ekonomi kemasyarakatan. Melalui semangat Sinergi Bagi Negeri, kami ingin dapat mendukung seluruh elemen masyarakat dalam membangun negeri, terutama generasi muda,” ujar Muhibuddin dalam keterangan resmi yang diterima Otomotifnet, Rabu (30/8/2023).

Proses presentasi offline AHM Best Student.
DOK.AHM
Proses presentasi offline AHM Best Student.

Sebagai informasi, penyelenggaraan AHM Best Student 2023 merupakan ajang kompetisi yang diikuti oleh siswa setingkat SMA untuk tahun ajaran 2022-2023. Ajang ini menjadi wadah untuk mengekspresikan karya terbaik para pelajar di Indonesia dalam bentuk karya ide maupun invensi.

Untuk karya ide, peserta dapat menuangkan gagasan kreatif berupa konsep atau purwarupa yang belum diproduksi secara massal atau dijual ke masyarakat. Konsep tersebut harus berbentuk minimal satu prototipe atau sampel.Keberhasilan ide tersebut dinilai berdasarkan kemudahan penerapan dan hasil akhir yang bermanfaat.

 Baca Juga: Astra Honda Siapkan Pelajar Terbaik Sebagai Duta Lingkungan

Sementara itu, untuk kategori invensi, peserta dapat mempresentasikan karya yang telah terealisasi dalam bentuk produksi nyata. Karya ini harus telah digunakan minimal 3 bulan dan diproduksi dalam lebih dari satu unit yang sudah dijual ke masyarakat.

Dalam kategori tersebut, karya invensi yang dihadirkan juga harus terbukti telah memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat, baik dalam bentuk produk maupun jasa. Dampak ini dapat diukur melalui penggunaan produk atau jasa yang memberikan manfaat bagi masyarakat umum.

Editor : Sheila Respati

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa