Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Porsche Bakal Gunakan Baja Rendah CO2 Untuk Mobil Sport Mulai 2026

Rendy Surya - Jumat, 3 November 2023 | 20:40 WIB
Porsche steel bodyshell
Porsche
Porsche steel bodyshell

Otomotifnet.com - Porsche AG dan perusahaan start-up energi asal Swedia, H2 Green Steel, telah menandatangani perjanjian untuk pasokan baja rendah CO₂.

Hal ini disebutkan bertujuan untuk lebih meningkatkan keseimbangan emisi kendaraan Porsche dengan menggunakan baja rendah CO₂.

Mulai tahun 2026, Porsche dan berbagai pemasok langsung bahan produksi Porsche akan menerima pasokan baja rendah emisi dari H2 Green Steel.

Bahan tersebut diklaim bakal memiliki salah satu jejak karbon terendah di pasar.

Porsche steel bodyshell
Porsche
Porsche steel bodyshell

H2 Green Steel mengandalkan proses produksi yang inovatif dengan hidrogen dan listrik dari sumber energi terbarukan. Oleh karena itu, produksi baja ini hampir bebas CO₂.

Menurut H2 Green Steel, hal ini menghasilkan emisi CO₂ yang lebih rendah hingga 95% dibandingkan dengan produksi baja konvensional dengan batu bara kokas.

Hingga 35.000 ton baja rendah emisi yang diproduksi di Swedia akan digunakan per tahun untuk produksi seri kendaraan Porsche.

Sebagai perbandingan: pada tahun 2022, 220.000 ton baja digunakan pada kendaraan Porsche.

Porsche steel bodyshell
Porsche
Porsche steel bodyshell

"Porsche bekerja menuju keseimbangan karbon netral di seluruh rantai pasokan untuk mobil-mobilnya pada tahun 2030. Baja rendah CO₂ memainkan peran kunci dalam strategi keberlanjutan kami. Dengan baja dari H2 Green Steel, kami bertujuan untuk mengurangi emisi CO₂ yang disebabkan oleh bahan penting ini," jelas Barbara Frenkel, Executive Board Member for Procurement di Porsche AG dalam rilis resmi Porsche.

Sebagai informasi, proporsi baja pada kendaraan Porsche terus dikurangi dalam beberapa tahun terakhir. Sementara itu, Porsche semakin mengandalkan aluminium untuk konstruksi yang ringan.

Editor : Panji Nugraha
Sumber : Otomotifnet.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa