Honda Supra X 125 Disulap Jadi Baby Chopper

Dimas Pradopo - Kamis, 15 Mei 2014 | 16:03 WIB

(Dimas Pradopo - )



Surabaya - Punya segelundung utuh mesin Honda Supra X 125 nganggur di rumah, bikin Suwondo bingung. Enggak tahu mau diapain, apalagi bodi, rangka dan bagian motor lainnya sudah enggak ada. Itu mesin lama kelamaan bakal jadi besi tua dan bikin penuh gudang.

Daripada enggak jelas kegunaannya, mending dibangun jadi motor utuh lagi. Tapi bukan dijadikan seperti wujud aslinya, atau malah buat bikin motor balap loh. “Saya maunya mesin ini nemplok di motor chopper,” beber warga kota Surabaya tersebut.


Bagian setang juga dibuat ulang pakai pipa seamless, bentuknya lebar banget nih


Motor chopper? Yup, Suwondo berniat membangun motor chopper dengan basis mesin bebek 125 cc ini. Tentu harus dengan bantuan modifikator pastinya. Setelah mencari-cari referensi bengkel yang cocok, mesin langsung terbang ke Kota Depok dengan tujuan bengkel Rizky Wijaya Modif (RWM).

Serba membulat untuk lampu-lampu, kentalkan aroma klasik


Bengkel ini sudah dikenal ahli bikin motor-motor chopper dengan basis motor yang ada, atau bikin dari nol. Karena basis mesinnya kecil, maka dibuatlah baby chopper. “Frame dibuat rigid, cuma ngandalkan sokbreker di roda depan saja,” terang Suwondo.


Karena rangka rigid, bagian ini jadi salah satu titik yang harus diperkuat


Pembuatan rangka pakai pipa seamless ¾ inci yang disambung dengan las listrik. Struktur rangka diperkuat di bagian komstir, engine mounting, rangka bagian belakang. “Karena ini bagian yang vital, makanya harus lebih kokoh,” urai pria kalem ini. Sebagai bungkusnya, dibuatkan bodi berbahan pelat yang digrafis lidah-lidah api. Sangar bro.

Selanjutnya pemilihan ban yang punya ukuran mini, belakang pakai ring 14 inci sementara depan ring 18 inci. Tapi ban yang dipakai terbilang besar dan lebar untuk yang belakang, pakai ukuran 160/60-14 tuh! Katanya sih biar buritan semok ala motor chopper enggak hilang.

Keren ya! (motor.otomotifnet.com)

DATA MODIFIKASI :
Rangka : Custom
Bodi : Custom
Pelek depan : Yamaha Scorpio
Pelek belakang : Custom
Ban depan : IRC 100/70-18
Ban belakang : Swallow 160/60-14
Lampu depan : Variasi
Teromol : Comet
Knalpot : Custom
Estimasi Biaya : Rp 15 jutaan