Honda CBR 600R, Nekat Jadi Cafe Racer!

billy - Selasa, 31 Desember 2013 | 15:54 WIB

(billy - )


Jakarta - Berjejer berbagai macam tipe dan merek motor yang berada di bengkel Hantu Laut (HL) di daerah Jl. H. Nawi, Gg. H. Jeni, No.78, Jaksel ini, bermula dari modifikasi skutik. Berkembangnya dunia roda dua, kini merambah ke tunggangan sport yang dijadikan ubahannya.

Dari café racer, street tracker, japstyle, dan berbagai macam aliran yang digarapnya. Beberapa besutan terlihat ada sebuah tunggangan yang berkelir biru putih, membuat mata melirik dan berbeda dari lainnya.

Mesin tersebut nongol dan besar. Wah, moge tuh! Ternyata benar saudara-saudara! Itu adalah Honda CBR 600R kepunyaan Yoga, seorang wiraswasta di salah satu bank nasional.

“Yang punya pengin tampil berani dan yang pertama kali dengan konsep old café racer (CR) no rule,” tukas Donny ‘Batak’ Permana, builder HL.

Sasis belakang diganti model pipa bulat dan dibentuk sedemikian rupa, guna menempati buntut dan jok ala CR.
CR itu bergaya balap jadul, maka setang kemudi berada di bawah triple clamp alias segitiga.
Melihat dari bentuknya sepertinya hampir semua diubah total. Mulai dari teromol depan belakang, swing arm, sasis belakang, tangki, jok dan lainnya. Hanya beberapa peranti aksesori sebagai penunjang tampilan. “Yup! Itu handmade, bor!” bangga Batak, sapaannya.

Sok aslinya upside down, gantinya teleskopik bawaan Honda NSR 500, berikut cakramnya. Teromol depan belakang handmade dipadukan pelek TK dan ban gambot, Shinko 3.00 x 16 dan 4.00 x 16.
Lengan ayun yang bikinan HL sendiri itu dipasangkan sok belakang merek YSS 
Selain itu, pelek mengadopsikan pelek jari-jari, bukan model palang. “Untuk tema old skul rule pakai jari-jari. Bukan model palang, karena ubahan itu sudah masuk ke era modern,” lanjutnya.

Penasaran? Yuk, lihat penampakannya, bor! (motor.otomotifnet.com) 

Data Modifikasi
Pelek depan-belakang : TK, 2.15x16” & 3.50x16”
Ban depan-belakang : Shinko, 3.00-16 & 4.00-16
Tromol depan-belakang : handmade HL
Sok depan : Honda NSR 500
Swing arm : handmade HL
Cakram depan : Honda NSR 500
Sasis belakang : stock custom HL
Buntut : handmade HL
Jok : handmade HL
Setang : aftermarket
Lampu depan : aftermarket
Knalpot : handmade HL
Hantu Laut (HL) : 08181818078