Panduan Beli Motor Bekas Yamaha Xeon RC 2013, Ini Yang Harus Diperhatikan

Otomotifnet - Kamis, 19 Februari 2015 | 09:00 WIB

Yamaha Xeon RC 2013 (Otomotifnet - )

Otomotifnet.com
Yamaha Xeon RC 2013

Skutik kasta tertinggi dari Yamaha ini tergolong memiliki performa mesin yang mumpuni. Akomodasi barang dan konsumsi BBM juga bersahabat.

Jakarta - Salah satu pertimbangan dalam memilih skutik saat ini yaitu performa mesin dan akselerasi yang baik. Hal itu juga erat kaitannya dengan konsumsi bensin, karena bukaan gas lebih sedikit jadi bensin yang dibutuhkan juga lebih sedikit sehingga jadi irit. Tak ketinggalan volume bagasi yang besar juga perlu untuk menampung barang bawaan.

Otomotifnet.com
Yamaha Xeon RC 2013

Yamaha Xeon RC lansiran tahun 2013 bisa menjadi salah satu pilihan, karena usianya tergolong masih muda jadi lebih minim perawatan. “Jika masuk usia dua tahun komponen CVT wajib diremajakan dan sebaiknya lakukan servis sistem injeksi agar mesin kembali prima,” ujar Arif, mekanik Wijaya Motor Yamaha yang berlokasi di Lubang Buaya, Jaktim.

Otomotifnet.com
Yamaha Xeon RC 2013

Volume bagasi besar, helm half face bisa masuk

Bagian pertama yang harus dicek yaitu komponen pengereman khususnya kampas rem, pastikan kondisinya masih layak pakai dan piringan rem belum termakan.

Selanjutnya bagian aki dan kelistrikan, karena bagian ini sangat penting untuk motor injeksi. Aki harus dalam kondisi prima agar seluruh komponen injeksi dapat bekerja normal. Tak ketinggalan cek juga bohlam lampu depan dan rem, biasanya lebih cepat putus karena nyala non stop siang malam.
Otomotifnet.com
Yamaha Xeon RC 2013

Headlamp besar, cahaya lampu bisa lebih terang
Untuk bagian CVT, jika sudah memiliki jam terbang yang tinggi biasanya bagian roller dan belt CVT sudah mulai minta jajan. Gejalanya terasa ada getaran berlebih saat motor dijalankan dari bagian CVT atau bunyi decitan.

Harga jual motor ini di pasaran motor bekas tergolong bersahabat di kantong. Yamaha Xeon RC lansiran tahun 2013 harganya berkisar Rp 9-10 juta. Bisa menjadi pilihan buat yang mau beli motor baru tapi uangnya masih kurang. • (otomotifnet.com)

Otomotifnet.com
Yamaha Xeon RC 2013

Desain knalpot baru, sayang swing arm khas Xeon dilengserkan

Otomotifnet.com
Yamaha Xeon RC 2013

Komponen pengereman yang utama diperhatikan
 
Otomotifnet.com
Yamaha Xeon RC 2013

Pastikan tidak ada rembesan oli di as sokbreker depan

Plus:

 1. Mesin responsif dan bertenaga
 2. Volume bagasi cukup besar
 3. Aftersales service tersebar luas

Minus:

 1. Tidak dilengkapi swing arm belakang
 2. Populasinya tidak sebanyak kompetitor

Menakar Biaya Servis
Untuk mengembalikan performa motor agar fit kembali, baiknya langsung bawa ke bengkel resmi atau langganan buat servis dan perbaikan. Skutik ini sudah mengusung mesin injeksi, jadi kalau mau lebih lengkap dan terjamin bisa langsung ke bengkel resmi. Motor ini dianjurkan melakukan servis berkala tiap 3.000 km.

Buat servis berkala di bengkel resmi biayanya Rp 40 ribu, servis besar sekitar Rp 175 ribuan dan overhaul mesin dikenakan biaya Rp 250 ribu. Jika ditemukan gejala gredek pada CVT, disarankan untuk overhaul CVT buat membersihkan dan mengganti parts yang bermasalah, biayanya mulai dari Rp 50 ribu. Biasanya yang dicek atau diganti yaitu roller, belt dan kampas kopling.

Buat sistem injeksinya, ada bagusnya kalau sekalian diservis, mengingat jam terbang yang tinggi dan kualitas BBM bersubsidi yang ala kadarnya. Untuk biaya servis dan pembersihan sistem injeksi, mulai dari Rp 75 – 125 ribuan. •

Daftar fast moving
Busi : Rp 13.500
Kampas rem depan : Rp 75.000
Kampas rem belakang  : Rp 47.000
Oli mesin : Rp 36.000
Oli gear : Rp 13.000
Roller : Rp 42.000 /set
Belt : Rp 82.000
Filter udara : Rp 38.000
Aki : Rp 221.000
Radiator coolant : Rp 31.000
 Sumber: Wijaya Motor Yamaha
Ruko Lubang Buaya, Jl. Raya Pondok Gede
Blok J/K No. 18, Jakarta Timur.
Telp. 021-8411355