Test Drive Proton Neo Sporty Edition, Beringas Luar Dalam!

Selasa, 3 April 2012 | 12:02 WIB

Test Drive Proton Neo Sporty Edition, Beringas Luar Dalam!

Test Drive Proton Neo Sporty Edition, Beringas Luar Dalam!
Jakarta - Proton Edar Indonesia terus menunjukkan kalau hathback dua pintu mereka, Proton Neo adalah sebuah mobil sport berharga terjangkau. Demi semakin menegaskan, maka meluncurlah Proton Neo edisi Sporty. Apa saja yang berubah?

Tampangnya secara umum memang masih sama dengan Proton Neo CPS sebelumnya, namun kali ini Proton menambahkan beberapa aksesoris penunjang yang mendukung nuansa balap. Paling mencolok adalah kap mesin bermotif carbon, serta beberapa list yang juga menggunakan motif carbon.

Detail logo R3 juga ditambahkan pada bagian samping bodinya, serta didalam kabin tuas transmisi yang kini berbahan logam alumunium, makin menambah kental nuansa sport pada Neo Sporty Edition ini. Tapi, ini baru tampangnya saja yang beringas.

Ternyata, Proton juga sudah melakukan program ulang pada ECU yang dirancang oleh teknisi Proton Motorsports dalam jumlah terbatas, Neo Sporty Edition ini telah dimodifikasi menjadi stage 2 pada beberapa bagian mesinnya.

Hasilnya? Tenaga mesin melonjak, dari yang sebelumnya hanya bertenaga 125 Bhp, sekarang Proton Neo Sporty Edition sudah bertenaga 145 Bhp pada RPM 7.000 dan torsinya 168 NM pada RPM 5.000.
Test Drive Proton Neo Sporty Edition, Beringas Luar Dalam!
Sekarang otomotifnet masuk kedalam kabinnya. Sedikit sulit karena posisi pintu yang rendah, namun ergonomis tempat duduknya ternyata tidak serendah pintunya. Perlu sedikit penyetelan agar sesuai dengan kebutuhan pengemudi.

Namun, ketika sudah duduk didalamnya, tidak ada kesan sempit, untuk otomotifnet yang bertinggi badan 178 cm, setir seperti mengapit kedua paha, serasa mobil balap. Dan Proton Neo terbilang baik soal visibilitas keluar kabin, baik depan, samping dan belakang.

Langsung saja mesin dinyalakan. Derum mesin sedikit terdengar di dalam kabin, namun sebenarnya ini mengasikkan karena benar-benar seperti didalam sebuah mobil sport, apalagi Proton Neo Sporty Edition ini bertipe transmisi manual 5 speed.

Langsung saja masuk ke gigi satu, sedikit keras memang perpindahan tuasnya. Kemudian, jangan ragu membejek pedal gas. Bruuumm! Ya, anda akan merasakan beringasnya akselarasi hasil penyetelan ECU yang dilakukan teknisi R3 ini.
Test Drive Proton Neo Sporty Edition, Beringas Luar Dalam!
Hanya saja, semakin kencang, gemuruh ruang kabin makin terdengar. Karena, selain dari deruman mesinnya, keempat roda juga sedikit banyak menyumbang kebisingan di dalam kabin Proton Neo SPorty Edition ini.

Tapi, dengan tenaga yang lebih beringas, anda akan semakin gembira ketika mengemudikan Neo Sporty Edition. Karena Proton tetap mempertahankan kelincahan handlingnya yag digarap oleh Lotus.

Meski setir tergolong berat, namun tidak mengurangi keasikkan dalam bermanuver dengan Neo Sporty Edition, apalagi perputaran setir dan ban begitu presisi dan mobil seolah lengket dengan aspal ketika melakukan tikungan cepat.

Kesimpulannya, Proton tidak hanya menggembar-gemborkan edisi khusus Sporty saja pada Neo, tapi juga sudah membenahi performanya. Sehingga, dengan semua padanan tersebut, Proton Neo Sporty Edition makin beringas luar dalam!

Spesifikasi Teknis Proton Neo Sporty Edition:

Mesin                                  : CamPro 54PH 4 Silinder DOHC
Kapasitas Mesin                    : 1.597cc
Transmisi                            : 5 Speed manual
Modifikasi Mesin                   : R3 Programmable ECU
Tenaga Maksimal                   : 145 Hp
Torsi Maksimal                      : 168 NM
Akselarasi 0-100 km/jam        : 9,2 detik
Kecepatan Maksimal               : 205 km/jam
Harga Jual                            : Rp 229 Juta

(mobil.otomotifnet.com)