Upgrade Tampilan Kendaraan, Generasi Lawas Jadi Baru Lagi

Selasa, 11 November 2014 | 15:58 WIB


Tidak perlu membeli kendaraan baru kalau sekadar mengejar tampilan, ubah tampang model lawas ke generasi anyar bisa jadi solusi

Jakarta - Bagi yang ingin berhemat tapi kepincut kendaraan generasi terbaru bisa sambangi sejumlah gerai spesialis upgrade ubah tampilan. Langkah ini sebagai salah satu solusi di tengah merangkaknya kenaikan harga-harga mobil belakangan ini.

Siapa yang tidak tertarik dengan wujud terbaru dari Toyota Fortuner yang kini memiliki emblem Grand New Toyota Fortuner? Tampilan ganteng kendaraan racikan PT Toyota Astra Motor (TAM) itu ternyata bisa diadopsi pada generasi lawas. Bahkan, bila dilihat secara langsung benar-benar seperti pinang dibelah dua.


Nah, salah satu yang biasa melakukan upgrade generasi lama ke versi terbaru adalah Indra Kurniawan selaku pemilik Limo Motor di Jl. Limo 6 Permata Hijau, Jaksel. Gerai yang hampir seratus persen pasiennya adalah pemilik Toyota Fortuner itu memang selalu malayani kebutuhan untuk mengubah SUV (Sport Utility Vehicle) itu ke wujud terbarunya.

“Ada sekitar 41 item aksesori dan panel bodi yang diganti agar ubahan semakin sempurna,” jelasnya. Sebut saja diantaranya kap mesin, bemper, sepakbor, dan lampu-lampu. Katanya lagi, semua panel bodi itu terbilang baru. “Jadi bukan barang bekas atau limbahan ya,” bilangnya lagi.


Masih menurut Indra, urusan harga juga terbilang sangat terjangkau ketimbang harus membeli mobil baru. Semisal untuk up-grade ke New Fortuner hanya membutuhkan anggaran Rp 10 juta hingga Rp 11 juta, belum termasuk jasa pemasangan dan pengecatan. “Kalau semua total pengerjaan bisa Rp 14 juta hingga Rp 15 juta.

Nah, menariknya lagi, bagi yang doyan dengan tampilan Grand New Toyota Fortnuer VNT Turbo, siapkan anggaran Rp 17 juta tapi belum termasuk pemasangan dan pengecatan. “Dijamin kendaraan akan benar-benar serupa,” bilangnya sambil menunjuk Fortuner 2006 dan 2010 yang sudah berubah tampang ke model terbaru.

Lanjutnya Indra, lantaran harga yang terbilang cukup murah itulah, banyak sekali pelanggan yang datang padanya. “Termasuk pemesan dari luar pulau Jawa,” jelasnya.

Kepiawaian alumnus Perbanas itu bukan saja mengubah tampilan Fortuner, tetapi juga Kijang Innova yang diupgrade ke model teranyar. “Untuk upgrade Kijang Innova ke model terbaru hanya butuh dana Rp 9 juta hingga Rp 10 juta dengan penambahan Rp 3 juta untuk pemasangan dan pengecatan,” bilangnya. Perbedaan harga ini lantaran pada Kijang Innova hanya membutuhkan penggantian 20 item panel bodi saja.

Tidak hanya Limo Motor, ternyata Dadan dari Syifa Jaya di kawasan H. Mencong, Ciledug, juga punya kepiawaian serupa. Namun, beberapa item yang diganti menggunakan panel bodi atau aksesori copotan.

Urusan harga, ambil contoh dari Toyota Kijang Innova lama ke Grand Innova dengan gril lebar cukup siapkan anggaran Rp 12 juta, tapi belum termasuk pengecatan. “Pakai aksesori baru yang berkaitan dengan ornament chrome dan lis kap mesin, sedangkan kalau bumper, sepatbor, dan kap mesin menggunakan barang copotan yang masih bagus,”ujar Dadan.

Sementara itu, masih kata Dadan, kalau dari Fortuner lama ke Grand Fortuner TRD Sportivo, konsumen bisa siapkan dana Rp 15 juta, tapi belum termasuk pengecatan. Penasaran? (mobil.otomotifnet.com)