Pelek Bersih dan Kinclong, Nyetir jadi pede

Jumat, 18 Juli 2014 | 11:14 WIB




Jakarta - Membersihkan mobil kesayangan, jangan hanya  eksterior atau interior. Bagian kaki-kaki seperti pelek pun jangan sampai terlewatkan. Pasalnya, posisinya paling dekat dengan permukaan jalan dan bikin noda di pelek.

Ini yang menyebabkan pelek kusam atau berjamur. Kemudian perbaikan jalan pun bisa menjadi pemicu rusaknya pelek. Apalagi, menjelang libur Lebaran ini, pasti lagi banyak jalan yang sedang diperbaiki atau ditambal kan.

Seperti aspal yang belum mengering, begitu pula dengan jalan yang dicor. Tentunya material semen tersebut akan terlempar dan menempel pada pelek kesayangan.

Mulai saat ini, enggak ada salahnya melakukan perhatian khusus terhadap pelek. Dengan kondisi pelek yang selalu bersih dan kinclong, ini akan menunjang penampilan mobil. Nyetir pun bisa lebih pede (percaya diri, red) kalau mau nongkrong bareng teman.

Nah, saat ini sudah banyak cairan pembersih pelek yang beredar di pasaran. Seperti GetF1, Turtle Wax, Cyclo, ataupun Auto Glym.

Banderol yang ditawarkan Toda Bintar Sektor 9 pun beragam, mulai dari Getf1 seharga Rp 32 ribu, sampai Cyclo dibanderol seharga Rp 312 ribu.

Cara membersihkannya pun sederhana. Alat yang dibutuhkan hanya lap kain dan sikat gigi halus. Berikut tahapannya.




1. Pertama, cuci pelek menggunakan air bersih, agar terbebas dari debu atau kotoran lainnya




2. Setelah pelek dikeringkan, tuangkan cairan Getf1 pada kain lap bersih



3. Selanjutnya, ulaskan lap yang sudah diberi cairan Getf1, pada bagian pelek yang dirasa kusam atau terdapat goresan halus



4. Dilanjutkan dengan menyikatnya menggunakan sikat gigi halus. Lakukan secara perlahan, agar pelek tidak mengalami kerusakan



5. Terakhir, setelah didiamkan selama 5-10 menit, bersihkan menggunakan lap kain bersih. Beri sedikit tekanan pada saat memoles. Agar kotoran terangkat dan baret halus perlahan memudar

(mobil.otomotifnet.com)