Punya Waktu, Yuk Periksa Beberapa Komponen Toyota Etios Valco

Minggu, 25 Mei 2014 | 09:03 WIB



Melakukan perawatan mobil, enggak melulu harus dilakukan di luar rumah. Tentunya, banyak hal yang bisa dilakukan sendiri, tanpa harus mampir ke bengkel langganan.

Seperti komunitas Toyota Etios Valco Club Indonesia (TEVCI) ini. Perawatan sederhana pada Toyota Etios Valco, dilakukan sendiri. Sebatas itu tidak terlalu memerlukan teknik yang berat.

"Terkadang hal kecil atau sepele seperti pengecekan air radiator, itu justru terlewat oleh pengendara. Tetapi, justru hal seperti itu yang penting untuk sehari-hari," ujar Rinto Herdiansyah, salah satu anggota dari TEVCI.

Berikut ini, OTOMOTIFNET akan mengilustrasikan beberapa komponen, yang tentunya dapat dicek sendiri. Mulai dari sumber kelistrikan, cairan fluida, sampai urusan eksterior pada Toyota Etios Valco lansiran 2012.



1. Jika terlihat kurang atau kosong sebaiknya ditambah. Bisa menggunakan air radiator aftermarket berwarna atau air bersih. "Kalau saya pakai air tampungan dari AC rumah. Yang notabene bagus karena pH nya rendah (potential of Hydrogen. pH merupakan ukuran konsentrasi ion hidrogen yang menunjukkan keasaman atau kebasaan suatu zat.)" paparnya.



2. Pengecekan rutin isi air wiper terkadang hal yang dianggap kecil dan jarang di perhatikan pengendara. Air wiper sangat di perlukan di jalan pada saat cuaca yang tidak menentu.



3. Membalik karet wiper belakang, ternyata menjadi solusi bagi TEVCI. Jika pada saat difungsikan, terdengar bunyi mendecit. Ini terkadang mengganggu saat kondisi menyetir. Sebenarnya dengan cara ini, dapat melakukannya sendiri di rumah atau di manapun saat diperlukan.



4. Menurut Rinto, banyak pengendara Etios saat ini yang jarang mendengarkan radio. Karena head unit OEM Etios dari Type E dan G sudah terdapat fasilitas USB dan SD Card. Tetapi dengan mengganti antena radio yang lebih pendek, akan menghindari patah atau rusaknya antena saat mobil dalam kondisi menggunakan cover.



5. Letak fuse kelistrikan untuk Etios Valco terdapat dibawah spidometer bagian tengah. cara membukanya pun mudah. cukup menarik topi spidometer, dilanjutkan membuka dua buah baut dibagian samping kiri dan kanan menggunakan obeng plus. (mobil.otomotifnet.com)