AC Mobil Jangan Lupa Diservis. Ini Jadwal Servis Berkalanya

Selasa, 24 Desember 2013 | 09:23 WIB



Jakarta - Dari seluruh komponen mobil, barangkali sistem pendingin udara alias AC jarang mendapat perhatian lebih. Pasalnya, pihak pabrikan sudah mendesain komponen, khususnya yang mempunyai fungsi vital seperti evaporator, kompresor maupun kondesor berumur  pakai yang panjang.

"Dengan perawatan yang benar, kompresor di-develop mampu bertahan hingga 10 tahun," sebut Wahyu Hadi, Section Manager Technical Service Departement PT Denso Sales Indonesia (DSI).

Tapi, karena pemakaian yang tidak benar dan minim perawatan, menjadikan usia pakainya jadi lebih pendek. Malah, hanya 2 sampai 3 tahun, hembusan segar udaranya sudah tidak dingin.

Ironisnya, dalam buku servis pun tidak tertera perawatan berkalanya. Nah, untuk diketahui, mungkin petunjuk di bawah ini bisa membantu Anda yang belum pernah sama sekali menservis AC.

Periode perawatan berkala sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan. Untuk 6 bulan pertama dititikberatkan menjaga kebersihan sirkulasi udara. Selain pengecekan, ganti filter kabin. Biaya jasanya sekitar Rp150 ribu.

"Do Denso, kami menyebutnya express service," sebut A. reinard Winardi, Manager AC Network Department & Aftermarket PT DSI.

Memasuki tahap 6 bulan kedua, perawatan ke kabin dan komponen di ruang mesin. Biaya dan penggantian suku cadang sekitar Rp500 ribu. Fase ini dinamakan basic service.

Setelah masuk bulan ke-36 atau 3 tahun barulah servis besar atau advance service. pembersihan dilakukan secara menyeluruh, mulai dari mencuci evaporator, ganti expansion valve, kabin filter sampai ganti refrigerant. Biaya yang dikeluarkan Rp1 juta. (mobil.otomotifnet.com)