Teknologi Head Unit, Kini dibekali Near Field Communication

Kamis, 28 Agustus 2014 | 16:38 WIB



Jakarta - Fitur dan teknologi head unit terus berkembang. Setelah muncul teknologi Bluetooth (BT), mirror link, air gesture, kini hadir Near Field Communication (NFC). Salah satu merek yang menggunakan teknologi ini adalah Sony.

Ini adalah teknologi terbaru dalam transfer data nirkabel yang berbasis teknologi RFID (Radio Frequency Identification). Koneksi dan transfer data antara head unit dengan smartphone dalam jarak dekat, dengan cara yang simpel.


Head unit Sony yang dilengkapi NFC ditandai dengan logo huruf N. Terlihat pada tombol utama

“Hanya menggunakan perantara induksi medan magnet yang terdapat dalam perangkat head unit,” tegas Wira Sutedja, Head of Sales PT. Berkat Audio Perkasa Jaya, distributor Sony.

Fungsinya sebetulnya mirip dengan Bluetooth maupun Wi-Fi. Hanya saja, pada BT dan Wi-Fi masih memerlukan otentikasi dan penyamaan koneksi dahulu sebelum bisa digunakan. Biasa disebut pairing. Dan proses itu, biasanya memakan waktu cukup lama.

Nah, proses pairing NFC ini hanya dengan menempelkan gadget ke HU. Kedua perangkat pun sudah terhubung hanya dalam hitungan detik.  Salah satu HU yang sudah mengembangkan fitur ini adalah Sony MEX- N450BT.

Hanya saja, yang bisa tersambung haruslah ponsel yang sudah dilengkapi fitur NFC. Beberapa ponsel yang sudah dilengkapi fitur ini seperti Sony Xperia, Samsung S4 dan banyak lagi.

Setelah terhubung, maka konten yang ada akan terhubung dengan HU. Mulai menerima telepon, membaca pesan, hingga memutar musik dan film. Makin canggih aja. (mobil.otomotifnet.com)