Mobil Anti-Kemacetan dari California. Cocok untuk Jakarta

Selasa, 1 Juli 2014 | 10:15 WIB


Konsep Aero-X 5 tinggal memindahkan ke mobil

California - Kemacetan di kota-kota metropolitan di mancanegara kian mengkhawatirkan. Terlebih di Jakarta, tiada hari tanpa kemaceran. Kebetulan, perusahaan pembuat Hoverbike Aerofex dari California, Amerika sedang melakukan penjajakan peluang untuk menciptakan kendaraan anti-kemacetan seperti Aero-X.

Aero-X ciptakan Aerofex merupakan kendaraan crossover yang bisa membawa dua orang dirancang untuk menjembatani kesenjangan antara pesawat ringan dan kendaraan segala medan. Termasuk, ia bisa melayang-layang di atas permukaan jalan atau air setinggi 3 meter dengan kecepatan maksimum 72 km/jam.


Prototipe Aero-X 4 sedang menjalani uji coba

Mark De Roche, pendiri Aerofex merangkap Kepala Teknis mengatakan saat ini pihaknya sedang mempelajari versi yang lebih besar. "Kapasitasnya mendekati mobil-mobil kecil yang ada saat ini," tegasnya.


Dengan skala yang lebih besar, tambahnya, tidak terlalu sulit. Jadi, teknologi yang sama pada Aero-X futuristik, secara teoritis, tinggal mengarahkan kursor pada mobil. "Dari pengalaman Aero-X ini, kami sedang mempelajari versi besarnya untuk pemerintah Amerika," jelas Mark yang sudah membuat beberapa model konsep.


Konsep Aero-X 2 lebih sederhana

Aero-X sendiri, menurut Mark, akan melakukan penerbangan perdananya pada 2016. Harganya cukup menggarukkan kepala, yakni 85.000 dollar Amerika atau Rp1,02 miliar.

Makanya, ketika dipasarkan nanti, peran Aero-X lebih menyasar ke perusahaan untuk layanan darurat, bencana alam, sebagai taksi udara, dan belum mengarah pemakaian pribadi.  (Mobil.otomotifnet.com)