Honda CR-V 2008, Audio Ala Disc Jockey

billy - Kamis, 18 Juli 2013 | 17:04 WIB

(billy - )


Seandainya ada piala tentang persahabatan, Frengky bisa menjadi pemenangnya. Atas dasar pertemanan, pria bertubuh gempal ini rela memodifikasi perangkat audio mobilnya. (mobil.otomotifnet.com)

Saya memodifikasi ini untuk nyenengin temen pas nongkrong. Jadi tidak hanya ngobrol, tapi juga dihibur oleh musik-musik racikan DJ (disc jockey-red)," ungkapnya.

Sebab itulah, Honda CR-V keluaran 2008 miliknya terpasang perangkat yang biasa dipakai oleh DJ untuk menggabungkan lagu. Perangkat bernama DJ Traktor S4 tersebut membuat Frengky bebas berkreasi menggabungkan 2 lagu tanpa ada ‘tabrakan' audio. Memang, hasil keluaran suaranya tak sebagus ketika berada di stage atau ruangan.

Suara mixing lagu dari Traktor tersebut akan keluar melalui speaker Diablo Venom. Penempatan speaker, yakni 2 unit tertempel pada doortrim depan, dan 2 unit terpasang di belakang. "Kalau sedang tidak nge-DJ, speaker ini untuk audio biasa. Jadi harus bagus juga," sebutnya. Sedangkan untuk dentuman bas dihasilkan dari subwoofer merek yang sama berukuran 12 inci. Tak tanggung, sebanyak 2 unit terpasang untuk menghasilkan bas yang baik.

Penataan speaker serta subwoofer di bagian belakang menjadi sangat penting. Sebab, saat nge-DJ pas nongkrong lebih banyak di area terbuka sehingga membutuhkan keluaran suara yang tak terhalang. Sebab itu, speaker belakang dan subwoofer mengarah keluar.  Berbeda untuk modifikasi audio kebanyakan yang penempatan speaker atau subwoofer  diarahkan ke kabin.

Frengky menyebut kalau tidak ditemukan kendala saat harus bermain di mobil. Perbedaannya hanya pada suara berisik di sekitaran tempat nongkrong dan juga lokasi yang tidak terlalu besar.

Kerelaan pria berusia 22 tahun ini, selain untuk teman juga sebagai sarana berlatih. Sebagai seorang DJ aktif, Frengky jelas harus terus belajar mengembangkannya. "Saya ikut kursus DJ hanya 3 bulan untuk dasar saja. Lepas dari itu, saya belajar sendiri," sebut pria bertato ini.