Ulas Teknologi Lampu Pintar Dari Volvo

Rabu, 13 Maret 2013 | 11:06 WIB


Jakarta – Nama Volvo sebagai produsen otomotif paling aman di dunia sudah tidak diragukan lagi. Pasalnya banyak teknologi pendukung keselamatan berkendara yang dikembangkan oleh pabrikan asal Swedia ini. Dan kini, Volvo mengenalkan teknologi lampu utama yang pintar berjuluk Active High Beam Control.

Seperti namanya, Active High Beam Control merupakan teknologi yang tersemat pada headlamp mobil. Dengan sistem ini, pengemudi dapat terus menyalakan lampu jauh mereka saat malam tanpa mengganggu pengemudi mobil di depan dan yang dari arah sebaliknya.

Bagaimana kerjanya? Sistem ini memakai kamera yang tertanam di kaca spion tengah yang akan mendeteksi keberadaan kendaraan lain, seperti mobil dan sepeda motor di depan. Kemudian headlamp akan membuat bayangan pada obyek kendaraan tersebut, sehingga meski lampu jauh menyala, tak akan membuat pengendara lain silau.

Bayangan pada headlamp dihasilkan oleh sistem mekanis berkat dukungan silinder kecil dengan komponen-komponen metal bermacam ukuran yang akan melebarkan bayangan lampu sesuai kebutuhan.

Lampu jauh sendiri dibutuhkan untuk menyinari sisi jalanan yang akan membantu pengemudi mendeteksi objek lain seperti pejalan kaki, pengguna sepeda, hewan dan lainnya.

Sistem Active High Beam Control baru bisa digunakan dengan kecepatan minimal 14 km/jam. Volvo menyatakan jika sistem Active High Beam Control dapat membuat bayangan pada tiap obyek dengan hanya 1,5 persen kesalahan. (mobil.otomotifnet.com)