Tiga Model Baru Bikin Sesak Pasar Van, Apa Saja?

billy - Jumat, 14 September 2012 | 07:05 WIB

(billy - )


Pasar mobil penumpang seperti me­dium Van diyakini masih menjadi mesin uang para APM (Agen Pemegang Merek). Satu mobil bisa dipakai untuk keperluan apa saja. Sebanyak 3 Van baru kelas me­dium-premium siap meluncur yaitu Serena C26, Mazda Biante dan Toyota Noah. Hanya Biante yang dipastikan mejeng di IIMS 20-30 September mendatang, sementara New Serena dan Noah paling telat akhir tahun atau bisa mundur ke awal 2013, karena kabarnya belum ada keputusan final soal spesifikasi yang akan dijual di sini.

Ketiganya akan masuk di segmen baru, kami namakan medium-premium. Yakni berada di atas kelas Innova, Grand Livina dan Mazda5 dan di bawah Alphard, Elgrand serta Mazda8. Jika Mazda8 2.3L A/T berharga Rp 499,2 juta, Elgrand Rp 865 juta, Alphard 2.4L X Rp 665,3 juta, pastinya Biante, Serena C26 dan Noah akan bermain di segmen harga termahalnya hingga Rp 400 jutaan. Patokannya dari harga Mazda8. Ketiganya akan bersaing sengit karena sama-sama mengusung mesin 2.000 cc. Fitur-fitur canggih akan menjadi taruhannya.

Menjual Suasana

Mari kita bedah satu per satu mulai dari Serena C26. All-New Serena berkode C26 ini merupakan penerus seri C24 yang masih laris dijual hingga kini. Sebenarnya ada Serena generasi ke 3 yang berkode C25, namun karena alasan tertentu tidak masuk kesini. Model C24 sudah mengalami beberapa kali minor change sejak diluncurkan pada Juli 2004 di tanah air. Terdiri dari tiga tipe yakni CT(Comfort Touring), Highway Star hingga versi Autech dengan range harga Rp 291-358 jutaan.

Jika C24 mengandalkan mesin QR20DE, 2.000 cc maka C26 mengusung mesin baru 2.0 L MR20DD. Dimensi bodi sedikit berbeda, C26 punya panjang 4.685 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.865 mm. Kenapa tak menampilkannya di IIMS 2012? "Soalnya demand yang versi sekarang masih tinggi," terang Teddy Irawan, VP Sales & Marketing PT. Nissan Motor Indonesia (NMI).

Serena C26 dapat menampung 8 penumpang. Daya angkut berlebih inilah yang paling disukai konsumen Indonesia. Dengan transmisi Xtronic CVT sanggup mengeluarkan tenaga 147 hp/ 5.600 rpm dan torsi 210 Nm/ 4.400 rpm. Sisi aerodinamisnya sudah diperbarui, mengingat ketinggian dimensinya. Sudah dipasang Zone Body untuk keamanan bila menyenggol pejalan kaki. Fitur lainnya sangat komplet semisal ABS, EBD plus brake assist, hill start assist, side airbags, auto light dan rain sensor.

Mazda Biante juga bisa mengangkut 8 penumpang, berkapasitas 2.0L, DOHC, 16 katup. Konsepnya Fun to Drive, Fun to Use. "Indonesia akan menjadi pasar pertama di luar Jepang," kata Marketing Manager Mazda Motor Indonesia, Astrid Ariani Wijana. Itulah hebatnya Indonesia. Desainnya bertema KODO; Soul of Motion yang terlihat eksklusif di bumper depan dan gril berbalut krom. Terkesan atletis. Mudah-mudahan fitur spesialnya yakni Clean Air Package-nya tidak dicoret dari daftar spesifikasi yang akan dijual di sini. Ini adalah sistem pembuangan virus luar yang masuk ke dalam kabin. Dengan begitu udara di kabin tetap terjaga kemurniannya.

Suasana seperti inilah yang menjadi nilai lebih Biante, jadi tidak hanya menawarkan berupa kelegaan interior atau jok bisa dilipat menghadap ke depan atau ke belakang saja. Biante diambil dari kata "ambient". Pengemudi dan penumpang betul-betul dimanjakan lewat terciptnya suasana enjoy dan comfort.

Model berikutnya adalah Toyota Noah. Medium Van ini sudah lama wara-wiri di jalan lewat Importir Umum. Speknya di atas Innova. Lebih detailnya Anda bisa membuka halaman 7. Ada info Noah akan diproduksi di sini karena di Jepang akan menyiapkan model baru total change. Namun dari markas besarnya d Sunter masih menyanggah alias belum berencana menjual Noah. Tapi kalau New Serena dan Biante masuk, sebagai market leader di segmen MPV Toyota tentu tak bakal tinggal diam. Apalagi mereka tak punya model penengah antara Innova dan Alphard. Jika ada Noah para pemakai Innova tak mustahil pengin naik kelas. Noah menawarkan teknologi baru pada mobil keluarga ini yakni Pengembangan dari katup variabel (VVT-i) yang diberi nama ValveMatic.

Mirip-mirip dengan Mazda Biante, Noah juga sudah dilengkapi generator plasmacuster dan negative-ion. Kabinnya yang mengusung konsep "Intelligent Cabin" selain lega juga bersih dari ion-ion negative. Jok tengah bisa diputar ke arah pintu keluar. Tidak lagi statis. Fitur lainnya ada indicator ECO driving. Ini teknologi yang bisa mengajak pengemudi menjadi lebih efisien. Paling utama adalah Comprehensive Safety System meliputi ABS, BA, EBD, TCS (Traction Control System) dan VSC (Vehicle Stability Control System).

Ketiganya barang baru, harga mirip-mirip, fiturnya juga bersaing dengan teknologi yang ramah, aman dan nyaman bagi anggota keluarga. Tentukan pilihan Anda dari sekarang. (mobil.otomotifnet.com)