Menakar Biaya Servis Toyota Crown

billy - Jumat, 17 Februari 2012 | 09:06 WIB

(billy - )


Varian yang mengusung dapur pacu 3.000 cc ini dikenal punya bantingan yang lembut dan kabin yang nyaman, plus joknya sudah berfasilitas elektrik. Cuma konsekuensi dari mobil ber-cc besar, terhitung haus dalam hal bahan bakar. ”Tergantung karakter pengemudi ya dalam hal BBM, ada yang 1 banding 8 atau ada pula yang 1 banding 5,” bilang Mario dari Surya Abadi Oto Service yang berpredikat bengkel spesialis Crown.

Pria ramah ini menekan beberapa poin. Pastikan semua panel di dashboard komplet. Bukan apa-apa, kalau buat menebus panel-panel itu terbilang mahal. Misalnya saklar AC saja banderolnya bisa di atas Rp 1 juta. Kisi-kisi AC-nya saja Rp 600 ribu perbiji, dan modul AC-nya sekitar Rp 750 ribu. ”Enggak tiap saat barang itu ada,” sahut Mario lagi.

Tapi kalau ada masalah dengan kaki-kakinya, itu gampang urusannya. Mario sebut harga satu set seluruh kaki-kaki Crown berstatus ori terbilang murah, yakni Rp 900 ribu. Selain itu siapkan juga dana sekitar Rp 5 juta untuk rekondisi mobil. Dana segitu untuk penggantian fan belt, timing belt, cek kondisi rem, cek transmisi, ganti oli baik mesin dan transmisi. (mobil.otomotifnet.com)