GPS Tracker dan Smart System Bisa Bantu Polisi Ungkap Pencurian Kendaraan

Senin, 8 September 2014 | 18:02 WIB


Jakarta - Menjadi penting lantaran kehadiran GPS tracking ini mampu membantu pemilik mobil tentang posisi kendaraannya maupun pihak berwajib dalam menuntaskan kasus kejahatan. Beberapa waktu lalu, terpecahkan kasus pembunuhan wanita di dalam mobil Nissan March, di Duren Sawit, Jaktim.

"Polisi dapat membaca track record selama 90 hari ke belakang tentang posisi kendaraan," jelas AKP. Chalid Thayib, SH, Kanit Reskrim Polsek Duren Sawit. Lantaran, mobil korban sudah dipasangi GPS tracker. Berbekal informasi data dari operator GPS Tracking Superspring di Daerah Daan Mogot, Cengkareng, Jakbar, terungkaplah pelaku kejahatannya.


Selain itu ada juga Smart System dari Nodoubt yang dapat menghidupkan dan mematikan kendaraan dari jarak jauh dengan gadget atau HP. Produk ini juga dilengkapi SOS button yang dapat mengirimkan tanda bahaya ke dua ponsel lain yang biasanya dimiliki oleh pemilik maupun keluarga. Pemberitahuan itu berupa telepon dan sms yang lengkap dengan posisi kendaraan. Dengan begitu, kendaraan akan bisa kendalikan dari jarak jauh dan diketahui posisinya.

Dengan banyaknya modus pencurian kendaraan yang disertai hilangnya harta benda dan nyawa, sudah saatnya para pemilik melengkapi kendaraannya dengan sistim pengamananan tambahan. Tujuannya untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan terjadi pada diri serta orang – orang yang dicintai. (mobil.otomotifnet.com)