MotoGP : Rossi Vs Marquez, Hasilnya 2-0

Dimas Pradopo - Sabtu, 27 Juni 2015 | 23:01 WIB

(Dimas Pradopo - )


Assen – Dua pembalap MotoGP yang dianggap hebat sepanjang masa, Valentino Rossi dan Marc Marquez bertarung hingga lap terakhir untuk menentukan pemenang MotoGP Belanda di sirkuit Assen. Hasilnya, 2-0 untuk Rossi.

Sejak latihan hingga kualifikasi, Rossi dan Marquez saling unjuk kecepatan. Rossi yang dibekali sasis baru Yamaha mengaku puas dengan apa yang didapat. Sedangkan Marquez merasakan hasil positif menggunakan sasis Honda tahun lalu.

Pembuktiannya pun terwujud pada lomba selama 26 lap. Start dari pole position, Rossi mempertahankan posisinya di depan pada tikungan pertama.

Marquez yang start di urutan ketiga, menyalip pembalap Suzuki, Aleix Espargaro. Posisi setelah lap satu pun berubah, Rossi terdepan diikuti Marquez dan Jorge Lorenzo yang melesat setelah sart dari urutan kedelapan.

Awalnya ketiga pembalap terdepan ini saling berdekatan. Namun sejak lap 5, tampaknya Lorenzo tidak melakukan tekanan serius dan posisinya kian menjauh.

Sementara juara dunia bertahan Marquez, berkali-kali mencetak fastest lap dan terus mengintip Rossi. Di lap 15, jarak hanya 0,262 detik, kemudian jadi 0,245 detik.

Puncak dari peseteruan itu akhirnya tiba di lap 20 ketika Marquez berhasil menyalip Rossi. Namun juara dunia MotoGP 7 kali ini tidak tinggal diam dan kembali mengejar Marquez. 

Peluang emas Rossi datang ketika balapan tinggal 2 lap lagi. Rossi menyalip Marquez, tetapi Marquez mengambil alih posisi terdepan, beberapa detik kemudian Rossi kembali mendahului Marquez. Menegangkan.

Tinggal satu lap, Marquez yang mulanya berjarak 0,538 detik, bisa mendekat jadi 0,4 detik di lap terakhir. Tinggal 4 tikungan menuju finish, keduanya semakin rapat.

Di tikungan terakhir, saat merebahkan motor ke kanan, Marquez coba masuk dari dalam. Roda depan motornya menyenggol Rossi. Rossi bablas ke gravel, tetapi bisa menghendel motornya kembali masuk trek yang menuju garis finish.

Sekali lagi Rossi memenangkan pertarungan dengan Marquez setelah kejadian di GP Argentina, Aptil lalu, 2-0 untuk Rossi. Tetapi Marquez juga puas bisa naik podium lagi.

Ini kemenangan ketiga Rossi di 2015, kemenangan ke-9 di Assen, kemenangan pertama dari pole position sejak GP San Marino 2009 dan membawa Yamaha 6 kali menang berurut-turut musim ini. (otosport.otomotifnet.com)