MotoGP : Marquez Bakal Menggunakan Sasis 2014 Di GP Belanda?

Dimas Pradopo - Selasa, 16 Juni 2015 | 01:47 WIB

(Dimas Pradopo - )


Barcelona – Marc Marquez yang masih terus berjuang dengan motornya di musim ini, sepertinya akan menggunakan sasis 2014 yang telah membawanya 10 kemenangan berurutan di awal balapan tahun lalu.

Juara dunia 2013 dan 2014 ini menjajal sasis 2014 dalam uji coba di Barcelona, Senin (15/6), sehari setelah GP Catalunya. Tampaknya sasis lama itu memberinya kesan baik meski hanya mencoba sebentar.

Marquez berjuang pada masalah masuk tikungan dengan motor Honda RC213V terbaru sejak awal musim ini. Roda belakang menggelosor (slide) saat mengerem, membuatnya tidak finish untuk ketiga kalinya musim ini, saat balapan kemarin.

“Kami masih belum memutuskan (apakah kami akan menggunakan sasis 2014 pada balapan berikutnya di Assen),” ujar Marquez.

Ia mengaku sedang membahasnya bersama tim, untuk mengetahui di mana perlu adanya peningkatan. “Saya merasakan bagus dan potensinya baik,” lanjut pembalap Spanyol itu.

“Tetapi saya hanya mencoba 5-7 lap (karena hujan) dan saya tidak bisa mengatakan apakah itu jauh lebih baik atau lebih buruk. Karena perlu mencoba dengan ban baru, ban lama dan dalam jangka panjang. Hari ini kami tidak memiliki kesempatan itu,” jelas Marquez.

Marquez telah mencoba tiga spek motor berbeda pada awal 2015 saat uji coba pramusim Februari lalu (tersedia pula spek keempat, tetapi tidak digunakan).

Yaitu: motor 2014, versi uji coba valencia 2015 dan motor versi terbaru 2015-lah yang dipilih Marquez. Kepada crash.net, honda menjelaskan, sasis lama yang digunakan pada tes di Catalunya salah satu yang dipakai Marquez musim lalu.

Tetapi, “Itu bukan hanya sasis lama, itu sebuah paket,” ungkap Marquez. “Sasis lama dengan swing arm terbaru dan hal-hal lainnya. Tampaknya bekerdengan dengan baik,” terangnya.

Ia merasakan adanya perbedaan. Tetapi diakui tahun ini ia banyak melakukan kesalahan seperti balapan kemarin. Sekali lagi ia belum bisa mengatakan lebih awal karena tidak banyak menjalani uji coba hari ini.

Marquez menyelesaikan 20 lap, berada di posisi empat tercepat dengan waktu 1 menit 42,197 detik, tertinggal 0,179 detik di belakang Bradley Smith yang paling cepat.

Rekan setimnya, Dani Pedrosa tidak mencoba sasis lama. Kata Marquez, Pedrosa menggunakan sasis lain, lagipula gaya berkendara Pedrosa berbeda.

Jadi, pakai sasis lama atau baru nih di GP Belanda nanti?  (otosport.otomotifnet.com)