MotoGP : Lorenzo Amankan Kemenangan Ketiga, Marquez Pulang Tangan Hampa

Dimas Pradopo - Minggu, 31 Mei 2015 | 23:44 WIB

(Dimas Pradopo - )


Mugello – Pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo mengamankan kemenangan ketiga secara beruntun setelah mendominasi GP Italia di sirkuit Mugello, Minggu (31/5).

Lorenzo melenggang sejak start karena tidak ada tekanan dari pembalap lain. Padahal Marquez yang mengawali lomba dari posisi 13 dan merangsek ke 4 di lap pertama, sebenarnya bisa jadi ancaman.

Namun Marquez melengkapi akhir pekan buruknya di seri keenam ini. Terlempar 10 besar di latihan ketiga dan tidak lolos kualifikasi 2 yang membuatnya start di posisi 13, pembalap Honda itu jatuh saat berada di posisi tiga.

Lorenzo yang start dari tempat kedua, akhir lap pertama berada di depan setelah menyalip Dovizioso. Pembalap Yamaha ini kemudian dikejar Marquez yang mendahului Dovizioso di lap ketiga.

Urutan pembalap di lap 3: Lorenzo di depan, diikuti Marquez, Dovi, Iannone yang start dari pole position turun ke peringkat empat. Pemimpin klasemen Valentino Rossi start dari posisi 8 sempat merosot ke 11, di lap 2 naik ke 9.

Jarak Lorenzo dan Marquez 1,061 detik di lap 6. Namun Marquez malah disalip Dovi. Di lap 7 Lorenzo kian menjauh. Sementara itu posisi Dovi, Marquez dan Iannone berdekatan.

Satu lap kemudian Dani Pedrosa bergabung memburu tempat kedua. Lorenzo jauh di depan, unggul 3,155 detik dari Dovi.

Mulai lap 10, persaingan kian panas. Marquez dan Iannone menyalip Dovi. Rossi naik ke urutan 6. Mengandalkan tenaga motor Ducati di trek lurus, di lap 11 Iannone menyingkirkan Marquez.

Dovi tampaknya mengalami measalah, ia disalip Pedrosa dan Rossi. Akhirnya Dovi masuk pit di lap 15, balapannya selesai. Tampak Iannone, Marquez, Pedrosa dan Rossi saling incar posisi.

Lap 17 berkali-kali terjadi aksi saling salip antara Iannone dan Marquez memperebutkan posisi kedua. Puncaknya di lap 18, Marquez terjatuh ketika berada di posisi ketiga. Juara dunia bertahan itu tidak bisa melanjutkan lomba.

Sementara itu Rossi menyalip Pedrosa di posisi tiga. Kedudukannya: Lorenzo, Dovi, Rossi, Pedrosa. Tiga lap menjelang akhir, jarak Iannone dan Rossi 0,845 detik. Namun hingga finish, Rossi tidak bisa mengejar.

Di akhir lap 23, Lorenzo mengamankan kemenangan ketiganya berturut-turut musim ini, setelah di GP Spanyol dan Prancis. Ia meninggalkan Iannone 5,5 detik lebih.

Sedangkan Iannone menyelamatkan muka Ducati di kandangnya sendiri dan meraih finish terbaiknya di MotoGP dengan podium runner-up. Rossi harus puas di tempat ketiga, cukup baginya berada di puncak klasemen sementara. (otosport.otomotifnet.com)