MotoGP : Dokter Bilang Marquez Bisa Balapan Di Jerez

Dimas Pradopo - Senin, 27 April 2015 | 23:34 WIB

(Dimas Pradopo - )


Spanyol – Dr Xavier Mir yang melakukan operasi jari kelingking Marc Marquez di Barcelona, Spanyol, yakin pembalap tim Repsol Honda itu bisa balapan di Jerez akhir pekan ini.

Diungkapkan Dr Mir, Marquez mengalami patah jari kelingking kiri akibat ditabrak saat berlatih dirt track.

“Marc jatuh pada hari Sabtu saat berlatih dirt track. Sayangnya pembalap di belakangnya menghantam tangannya. Menyebabkan jari kelingking tangan kirinya bergeser,” kata Dr Mir kepada MotoGP.com.

“Cedera parah itu dia kira terkilir – jari keluar dari tempatnya. Dia coba memasukkan kembali ke tempatnya dengan menarik, tetapi karena mendengar ada suara, dia tahu lebih baik tidak menyentuhnya. Karena itulah dia datang ke rumah sakit,” lanjutnya.

Dr Mir memasukkan pelat titanium untuk menstabilkan patah tulang itu dan percaya Marquez akan ambil bagian pada putaran keempat MotoGP di Jerez pekan ini.

“Perawatan selama beberapa hari ke depan sebelum Jerez dapat mengurangi peradangan, sehingga ia bisa berlomba di sana,” tegas Dr Mir.

Ia menambahkan, adanya teknologi terkini pemindah gigi, yang menghilangkan penggunaan tuas kopling, membuat Marquez dalam posisi lebih baik ketimbang yang dialaminya beberapa tahun lalu.

Menurutnya Marquez beruntung cederanya di tangan kiri, karena di MotoGP tuas kopling tidak banyak digunakan. Terutama digunakan untuk awal lomba.

“Saya tidak bisa mengatakan dia akan 100% fit, tetapi kami selalu melihat para pengendara gas pol, jadi saya yakin dia akan bisa melakukannya dengan baik,” lanjut sang dokter.

Marquez berada di posisi lima klasemen sementara pembalap dengan 36 point. Tertinggal 30 point dari saingan beratnya, Valentino Rossi yang berada di puncak klasemen.

Rekan setimnya, Dani pedrosa yang absen dua seri setelah operasi tengan diperkirakan juga akan turun di GP Spanyol ini. (otosport.otomotinet.com)