MotoGP : Tim Aspar Kehilangan Sponsor Drive M7

Dimas Pradopo - Kamis, 26 Maret 2015 | 12:33 WIB

(Dimas Pradopo - )


Spanyol – Ini jadi pekan yang berat bagi sejumlah tim MotoGP sebelum dimulainya seri pembuka di Qatar (29/3), setelah sponsor CWM tim LCR Honda diselidiki kasus penipuan, kini tim Aspar Honda ditinggal sponsornya.

Perusahaan minuman berenergi asal Malaysia, Drive M7 menarik diri sebagai sponsor tim bermarkas di Spanyol itu, beberapa hari sebelum dimulainya MotoGP 2015.

Menurut media berbahasa Jerman, Speedweek, manajemen Drive M7 mengatakan keputusan itu hari Selasa malam (24/3) kepada pemilik tim Aspar, Jorge Martinez.

Jelas keputusan ini mengejutkan, seperti yang telah diharapkan bahwa kesepakatan kerja sama mereka berlanjut di 2015. Mengingat pada uji coba pramusim, Nicky Hayden dan Eugene Laverty menggunakan livery Drive M7 pada motor Honda RC213V-RS.

Tidak ada alasan mengenai keputusan itu, namun dalam sejarah sponsor minuman berenergi di dunia balap, merek yang lebih kecil merasa sulit berinvestasi di balapan papan atas.

Diberitakan motomatters.com, tahun lalu tim Gresini Honda mengalami nasib serupa, ketika sponsor Go&Fun gagal membayar utang sponsoship dan mundur di pertengahan tahun.

Ada daftar panjang sponsor minuman berenergi yang datang dan pergi. Termasuk merek Dak Dog, Grizzly, Power Horse dan sponsor pribadi Tory Corser, Pussy.

Penarikan diri Drive M7 bisa menimbulkan masalah yang lebih besar bagi tim Aspar daripada problem yang dihadapi tim LCR Honda. Meskipun biaya sewa motor open class Honda RC213V-RS lebih rendah dari motor spek pabrikan.

LCR diyakini telah mengambil sebagian besar dana dari sponsor CWM sebagai uang muka. Artinya tim milik Lucio Cechinnello itu masih punya modal.

Sedangkan Aspar akan kehilangan anggaran mereka. Martinez memiliki koneksi bisnis yang sangat kuat untuk komunitas bisnis di Valencia, Spanyol.

Namun beberapa penyelidikan sedang berlangsung menyangkut korupsi yang terkait dengan penyelenggaraan balap F1 di Valencia, termasuk ke mantan rekan bisnis Martinez, sumber sponsor berpotensi ikut mengering.

Drive M7 giat memberi sokongan besar terhadap kegiatan motorsport lokal. Termasuk dibentuknya tim balap Drive M7 SIC baru-baru ini.

Tim milik Sepang International Circuit (SIC) itu seterusnya disebut tim SIC. Berlaga di kelas Moto3 dengan pembalap Zulfahmi Khairuddin dan Jakub Kornfeil. (otosport.otomotifnet.com)